6 Cara Mengobati Kaki Kucing yang Bengkak

Destiara Anggita Putri
11 Oktober 2022, 12:39
Cara Mengobati Kaki Kucing yang Bengkak
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Sebagai pemilik kucing, Anda pasti pernah melihat kucing Anda merasakan kakinya bengkak  Hal ini jelas membuat kucing Anda merasa sakit dan tidak nyaman sehingga mereka akan menjilati bagian kaki yang bengkak untuk mengurangi rasa sakitnya.

Bengkak pada kaki kucing sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab tersebut antara lain karena cedera, terkena gigitan atau infeksi, dan penyakit yang bersarang di kaki kucing Anda.

Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan dirumah untuk meringankan dan menyembuhkan kaki kucing Anda tersebut. Apa saja? Simak enam cara mengobati kaki kucing yang bengkak di bawah ini.

1. Mencampurkan Cuka Sari Apel dan Hidrogen Peroksida

Ini adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan. Sebenarnya cuka sari apel sendiri sudah memiliki manfaat sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus.

Hal ini dikarenakan cuka sari apel mengandung asam asetat dan asam malat.  Tidak hanya untuk meringankan bengkak pada kaki kucing, kedua asam  ini juga berguna untuk menghilangkan kutu pada kucing.

Agar bekerja lebih efektif, Anda bisa membuat ramaun yang terdiri dari campuran cuka sari apel dengan hidrogen peroksida.  Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini selama  30 detik Pastikan Anda tidak menggunakan cuka apel komersil karena tidak memiliki manfaat seperti cuka apel murni. 

Setelah itu, oles saja ramuan pada bagian kaki kucing yang bengkak menggunakan handuk. Anda juga bisa menyemprotkan ramuan ini asalkan semprotan itu tetap mengenai area kaki kucing yang bengkak. Setelah itu, keringkan kaki kucing Anda dan biarkan saja. 

2. Mencampurkan Air Hangat dan Yodium

Yodium adalah bahan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati bengkak pada kaki kucing Anda.  Bahan ini sendiri mudah larut di dalam air shing bila dicampurkan akan menghasilkan iodium yang berguna sebagai desinfektan yang baik. 

Selain itu, iodine juga bersifat anti virus yang bisa digunakan secara topikal untuk  mengobati luka pada kucing. Anda bisa mendapatkan yodium dengan membelinya di apotik. 

Pres pembuatannya pun mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengambil wadah yang sudah diisi dengan air hangat. Kemudian tambahkan yodium pada air hangat tersebut hingga berubah warna seperti teh.

Setelah itu, celupkan saja kaki kucing Anda yang bengkak selama 30 detik.  Kemduain, keringkan kakinya dengan cara menepuknya lembut menggunakan handuk. 

3. Rendam Dengan Kamomil

Kamomil  bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati kaki bengkak pada kucing Anda. Bahan ini sendiri memiliki sifat zat penawar yang tidak naya bisa mengatasi kaki bengkak tapi juga berguna untuk menghilangkan jamur pada kucing.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...