5 Cara Memelihara Kucing Persia yang Baik dan Benar

Destiara Anggita Putri
13 Oktober 2022, 11:29
Cara Memelihara Kucing Persia
Unsplash
Ilustrasi, kucing persia.

Diantara jenis ras lainnya, kucing persia selalu menjadi incaran banyak orang yang ingin memelihara hewan mamalia tersebut. Hal ini tidak mnegherankan mengingat kucing ini memilki karakteristik unik yaitu wajah bulat, tubuh tambun serta hidung yang pesek. Mereka juga memilki sifat yang manja. lembut dan tenang

Karakteristik inilah yang membuat kucing persia terlihat menggemaskan yang tentunya sangat menyenangkan diperlihara. Walaupun demikan, merawat kucing persia tidak semudah kelihatannya.

Kucing persia terkenal karena memiliki bulu yang lebat dan panjang sehingga membutuhkan perawatan khusus. Jika Anda baru pertama kali memeliharanya, hal ini tidak boleh diabaikan begitu saja.

Lantas, bagaimana cara memelihara kucing persia yang tepat? Simak cara lima memelihara kucing persia yang baik dan benar berikut ini.

1. Beri Makanan Bernutrisi

Ketika Anda memelihara kucing persia, hal pertama yang harus dilakukan adalah  memastikan bahwa kucing persia Anda selalu memperoleh makanan yang  bernutrisi. Pada umunya, kucing persia menyukai makanan berprotein. Hal ini dikarenakan mereka  membutuhkan protein tiga kali lipat dari omnivora.

Anda bisa memberikan mereka makanan hewani agar kebutuhan protein mereka terpenuhi. Beberapa makanan hewani yang bisa diberikan antara lain.

  • Daging asli seperti ayam, bebek, atau sapi. Pastikan Anda sudah merebusnya dan mencincangnya hingga halus.
  • Ikan yang sudah matang / tidak mentah
  • Kuning telur ayam kampung agar bulunya terawat.
  • Minyak ikan yang bisa diberikan seminggu sekali agar kucing mau tetap makan.  

Selain makanan hewani di atas, Anda juga bisa memberikan makanan kering buatan pabrik seperti  Royal Canin, Whiskas, dan Pro Plan.

Tidak hanya makanan, asupan cairan mereka juga perlu diperhatikan. Pastikan kucing persia Anda minum air putih yang cukup agar mereka terhindar dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

Cukup sediakan beberapa tempat minum berisi air putih bersih dalam kandangnya atau di area rumah Anda. Jika perlu, berikan juga susu khusus kucing sebagai nutrisi tambahan agar tetap sehat. 

2. Berikan Vitamin Tambahan

Tidak seperti kucing kampung, kucing persia cenderung memiliki antibodi yang lemah. Oleh karena itu, mereka membutuhkan vitamin tambahan terutama vitamin untuk bulu untuk bulu mereka yang panjang.

Tidak hanya itu, kucing persia juga membutuhkan  vitamin anti hairball untuk mencegah hairball yang sering terjadi pada mereka. Padaa umunnya, kucing suka menjilat bagian tubuhnya untuk membersikan diri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...