7 Cara Merawat Kucing Anggora agar Tetap Bersih dan Sehat

Ada banyak hal yang diperhatikan ketika memelihara kucing Anggora. Berikut ini tujuh cara merawat kucing Anggora sebagai panduan.
Image title
10 Oktober 2022, 14:08
cara merawat kucing anggora
pixabay.com
Ilustrasi, kucing anggora.

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing populer yang diincar banyak orang untuk dijadikan peliharaan Alasannya adalah kucing ini memiliki berbagai keunikan. 

Tidak hanya karena memiliki bulu yang anggun, kucing ini juga tergolong cerdas dan cepat dalam mempelajari perintah dan trik. Mereka juga bisa bersahabat dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing.

Terlepas dari keunikannya, memelihara kucing Anggora tidaklah mudah. Alasannya adalah  kucing ini terbilang manja sehingga memerlukan perhatian dan kasih sayang lebih. Tidak hanya itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawatnya.

Bila Anda ingin memelihara kucing ini, simak tujuh cara merawat kucing Anggora berikut ini.

Advertisement

1. Beri Makanan yang Berkualitas

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda selalu memberikan kucing Anggora Anda makanan yang berkualitas. Dengan demikian, bulu kucing Anda akan tetap dan tidak mengalami kerontokan Selain itu jangan beri makanan secara berlebihan untuk menjaga berat badannya agar tidak mengalami obesitas. 

Anda bisa memberikannya makanan seperti ikan tuna, ikan tongkol,, atau daging ayam. Atau Anda bsa memrbikanyanya makanan kucing yang bsia dibeli di toko hewan peliharaan. Jika Anda masih bingung memilih makanan yang tepat, Anda bisa menanyakannya ke dokter hewanmengenai hal tersebut.

2. Rutin Memotong Kuku Kucing

Cara merawat kucing Anggora kedua adalah Anda harus membersihkan kukunya secara rutin setidaknya beberapa minggu atau sebulan sekali. Dengan demikian tidak akan ada kuman yang bersarang di kukunya.

Anda bsa memotong nya ketika kukunya sudah tampak panjang dengan menggunakan kuku khusus kucing. Buatlah kucing Anda tetap merasa nyaman saat memotong kukunya. Misalnya, Anda bisa melakukannya sambil memangkunya.

Apabila Anda merasa ragu melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan dokter hewan atau melakukannya di salon hewan terdekat agar lebih aman.

3. Membersihkan Telinga Kucing

Ketika neneluara kucing Anggora, Anda perlu memperhatikan kebersihan telinga nya. Telinga kucing Anggora yang bersih bisanya berwarna merah dan tidak bau. 

Namun, bila Anda melihat kotoran atau tanda-tanda infeksi, berarti Anda harus segera membersihkannya. Bersihkan telinga kucing Anda setiap dua minggu sekali. 

Walaupun kucing bisa menghilangkan kotoran telinganya sendiri namun tetap saja ada kotoran yang perlu dibersihkan secara manual. Untuk melakukan hal ini, Anda hanya perlu mengusap lembut bagian telinganya menggunakan bola kapas atau kain bersih yang basah.

Cara lainnya adalah menggunakan cairan khusus pembersih telinga kucing untuk membantu menghancurkan kotoran telinga bagian dalam. Pastikan Anda tidak membersihkan saluran telinganya untuk mencegah luka di bagian tersebut.

4. Membersihkan Gigi kucing

Tidak hanya telinga, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan kucing Anggora Anda. Alasannya adalah gigi kucing yang tidak bersih akan membuat mereka rentan terhadap penyakit periodontal (gusi).

Oleh karena itu, Alangkah baiknya Anda menyikat gigi kucing Ada setiap hari. Atau bila Anda sibuk, melakukannya setiap seminggu sekali juga tidak masalah.

Gunakan sikat dan pasta gigi khusus kucing saat membersihkannya giginya. Pastikan Anda menyikatnya hingga benar-benar bersih dan tidak ada koora yang tersisa di giginya.  

5. Rutin Menyisir Bulu Kucing

Cara merawat kucing Anggora berikutnya adalah menyisir bulunya secara rutin. Hal ini penting dilakukan agar bulunya tetap terawat dan bebas dari kotoran. Selain itu, rutin melakukan hal ini juga dapat mengurangi resiko tertelannya gumpalan bulu yang umumnya menjadi penyebab masalah pencernaan pada kucing.

Sisir bulunya setiap seminggu sekali menggunakan sisir metal bergerigi panjang atau sikat licin yang bisa Anda beli di toko hewan peliharaan.

6. Memandikan Secara Rutin

Pada umumnya kucing bisa membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati sendiri. Namun tetap saja Anda harus rutin memandikan kucing Anggora Anda sekitar sebulan sekali.’

Hal ini tidak sulit dilakukan karena pada umumnya kucing Anggora menyukai air. Walaupun demikian, kucing Anggora memiliki bulu yang rapuh dan rentan mengalami kerontokan sehingga sebaiknya Anda tidak memandikannya terlalu sering. 

7. Menyediakan Kandang yang Luas

Bila Anda memelihara kucing Anggora, maka Anda perlu menyediakan kandang yang luas.Alasannya kandang yang luas dapat membuat kucing Anda bergerak dengan leluasa.

Anda juga perlu menyediakan berbagai macam mainan seperti bola. squishy, dan lainnya. Pasalnya, kucing yang merasa bosan biasanya akan bertingkah sangat nakal sehingga adanya mainan bisa menghibur mereka. 

Anda juga bisa menyediakan pasir zeolit yang ditaruh di dalam wadah sebagai tempat buang air kecil dan besar mereka. Jangan lupa untuk rutin menggantinya setiap tiga hari sekali. Selain itu, bersihkan juga kandang nya secara teratur agar kucing Anda tetap merasa nyaman di kandang. 

Itulah  tujuh  cara merawat kucing Anggora yang perlu Anda ketahui. kucing Anggora merupakan kucing yang memerlukan perhatian yang lebih cermat agar tetap bersih dan sehat.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait