7 Cara Merawat Kucing Anggora agar Tetap Bersih dan Sehat

Destiara Anggita Putri
10 Oktober 2022, 14:08
cara merawat kucing anggora
pixabay.com
Ilustrasi, kucing anggora.

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing populer yang diincar banyak orang untuk dijadikan peliharaan Alasannya adalah kucing ini memiliki berbagai keunikan. 

Tidak hanya karena memiliki bulu yang anggun, kucing ini juga tergolong cerdas dan cepat dalam mempelajari perintah dan trik. Mereka juga bisa bersahabat dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing.

Terlepas dari keunikannya, memelihara kucing Anggora tidaklah mudah. Alasannya adalah  kucing ini terbilang manja sehingga memerlukan perhatian dan kasih sayang lebih. Tidak hanya itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawatnya.

Bila Anda ingin memelihara kucing ini, simak tujuh cara merawat kucing Anggora berikut ini.

1. Beri Makanan yang Berkualitas

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda selalu memberikan kucing Anggora Anda makanan yang berkualitas. Dengan demikian, bulu kucing Anda akan tetap dan tidak mengalami kerontokan Selain itu jangan beri makanan secara berlebihan untuk menjaga berat badannya agar tidak mengalami obesitas. 

Anda bisa memberikannya makanan seperti ikan tuna, ikan tongkol,, atau daging ayam. Atau Anda bsa memrbikanyanya makanan kucing yang bsia dibeli di toko hewan peliharaan. Jika Anda masih bingung memilih makanan yang tepat, Anda bisa menanyakannya ke dokter hewanmengenai hal tersebut.

2. Rutin Memotong Kuku Kucing

Cara merawat kucing Anggora kedua adalah Anda harus membersihkan kukunya secara rutin setidaknya beberapa minggu atau sebulan sekali. Dengan demikian tidak akan ada kuman yang bersarang di kukunya.

Anda bsa memotong nya ketika kukunya sudah tampak panjang dengan menggunakan kuku khusus kucing. Buatlah kucing Anda tetap merasa nyaman saat memotong kukunya. Misalnya, Anda bisa melakukannya sambil memangkunya.

Apabila Anda merasa ragu melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan dokter hewan atau melakukannya di salon hewan terdekat agar lebih aman.

3. Membersihkan Telinga Kucing

Ketika neneluara kucing Anggora, Anda perlu memperhatikan kebersihan telinga nya. Telinga kucing Anggora yang bersih bisanya berwarna merah dan tidak bau. 

Namun, bila Anda melihat kotoran atau tanda-tanda infeksi, berarti Anda harus segera membersihkannya. Bersihkan telinga kucing Anda setiap dua minggu sekali. 

Walaupun kucing bisa menghilangkan kotoran telinganya sendiri namun tetap saja ada kotoran yang perlu dibersihkan secara manual. Untuk melakukan hal ini, Anda hanya perlu mengusap lembut bagian telinganya menggunakan bola kapas atau kain bersih yang basah.

Cara lainnya adalah menggunakan cairan khusus pembersih telinga kucing untuk membantu menghancurkan kotoran telinga bagian dalam. Pastikan Anda tidak membersihkan saluran telinganya untuk mencegah luka di bagian tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...