9 Cara Grooming Kucing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Destiara Anggita Putri
13 Oktober 2022, 12:25
cara grooming kucing
Unsplash
Ilustrasi, kucing

Sebagai pemilik kucing, Anda tentunya perlu melakukan perawatan pada hewan peliharaan Anda tersebut agar tetap bersih dan sehat. Salah satunya adalah Anda perlu rutin memandikan kucing Anda. 

Biasanya, para pemilik kucing membawa hewan peliharaannya itu ke petshop untuk mendapatkan layanan grooming. Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang tidak murah.

Advertisement

Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup, grooming kucing di petshop jelas bukan opsi yang bagus. Oleh karena itu, Anda perlu belajar cara grooming kucing Anda di rumah. Dengan demikian, Anda tetap bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kucing Anda tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Bagaimana caranya? Simak sembilan cara grooming kucing di bawah ini.

1. Membangun Rasa Kepercayaan

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan khususnya bila Anda tidak pernah melakukan grooming sebelumnya. Kucing pada umumnya sulit untuk dimandikan sehingga  membangun  kedekatan sangat diperlukan agar kelak kucing Anda akan terbiasa dimandikan.

Sebelum mandi, Anda bisa mengajak kucing Anda bermain terlebih dahulu untuk membuat mereka merasa nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menyisir perlahan daerah punggung mereka terlebih dahulu sebelum menyisir daerah perut yang lebih sensitif. 

2. Biasakan Sejak Dini

Melakukan grooming kucing di rumah bukanlah hal yang mudah karena biasanya kucing suka memberontak jika berdekatan dengan air. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan grooming pada kucing sejak dini agar mereka terbiasa. 

Jika Sudah terbiasa, maka proses grooming selanjutnya akan terasa lebih mudah karena kucing Anda telah memberikan respon yang lebih baik dari sebelumnya. Mulai memandikan kucing Anda sejak mereka kecil dan jangan lakukan hal ini ketika cuaca sedang dingin.

Persiapkan jual handuk dan hairdryer sehingga Anda bisa segera mengeringkan kucing Anda setelah grooming agar tidak kedinginan.

3. Persiapkan Peralatan yang Tepat

Jika Anda ingin melakukan grooming kucing Anda di rumah, Tentunya Anda sudah memiliki peralatan mandi yang tepat. Persiapkan peralatan ini di tempat mandi kucing Ada agar proses grooming semakin mudah.

Peralatan yang perlu Anda persiapkan antara lain.

  • Air hangat
  • Ember atau Baskom
  • Gayung/selang/semprotan air
  • Shampo kucing
  • Handuk
  • Hairdryer
  • Sisir
  • Kandang kucing

4. Siapkan Air Mandi

Tidak hanya peralatan, Anda juga perlu menyiapkan air mandi untuk kucing Anda. Pastikan Anda selalu menggunakan air hangat agar kucing Anda tidak merasa kaget dan kedinginan.Kucing yang tenang dan nyaman tentunya akan membuat proses grooming menjadi lebih mudah.

Siapkan saja ember atau baskom berisi air hangat. Jangan lupa cek ketinggian airnya agar tubuh kucing Anda tidak terendam seluruhnya ketika dimandikan. 

5. Sikat dan Sisir Bulu Kucing 

Sebelum memandikan kucing Anda, pasti kan untuk melakukan penyisiran dan penyikatan terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan khususnya bagi kucing yang berbulu panjang agar tidak kusut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement