Memahami 7 Cara Memandikan Kucing yang Tepat dan Aman

Destiara Anggita Putri
10 Oktober 2022, 12:47
cara memandikan kucing
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Memelihara kucing adalah tanggung jawab yang besar. Banyak hal yang harus diperhatikan agar kucing peliharaan tetap bersih dan sehat. Salah satunya adalah cara memandikan kucing yang tepat dan aman.

Bila Anda juga memelihara kucing, pastinya Anda tahu bahwa bulu kucing yang kotor membuat mereka rentan terserang penyakit. Oleh karena itu memandikannya secara berkala sangat penting untuk dilakukan.

Sayangnya, proses memandikan kucing tidaklah mudah karena kucing seringkali berontak saat dimandikan. Bila Anda mengalami hal yang sama, berikut ini cara memandikan kucing yang tepat dan aman yang bisa Anda praktekkan. 

1. Tentukan Waktu Mandi yang Tepat

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum memandikan kucing. Pastikan sebelum mandi kucing Anda dalam keadaan sehat, rileks dan dalam mood yang baik.

Agar mood kucing Anda meningkat, Anda bisa mengajaknya bermain terlebih dahulu sebelum memandikannya. Selain itu, jangan  biarkan perut kucing Anda kosong karena nantinya mereka akan berontak saat dimandikan. Jadi, pastikan Anda sudah memberikannya makan atau snack terlebih dahulu.

Untuk waktunya sendiri, Anda bisa memilih memandikan kucing di pagi hari. Alasannya adalah cuaca di pagi hari masih hangat sehingga kucing Anda tidak akan merasa kedinginan setelah dimandikan

2. Potong Kuku Kucing 

Ketika sedang dimandikan, seringkali kucing merasa tidak nyaman sehingga ia berusaha mencakar apapun yang disekitarnya sebagai bentuk pertahanan dirinya. Bila tidak berhati-hati, bisa jadi si pemilik yang justru yang terkena cakaran kucing.

Bila Anda tidak  ingin hal itu tidak terjadi, Anda bisa melakukan langkah pencegahan. Caranya adalah dengan memotong kuku kucing Anda sehari sebelum memandikannya. 

Gunakan gunting kuku khusus kucing saat memotongnya. Dengan demikian, kuku kucing Anda tidak terpotong terlalu banyak dan jarumnya tidak terluka.

Selain itu, jangan memotong kuku kucing Anda terlalu pendek karena dikhawatirkan akan terjadi pendarahan dan rasa sakit pada kucing. Pastikan juga Anda memotong kukunya ketika kucing Anda merasa tenang. 

3. Siapkan Peralatan Mandi Kucing

Pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan mandi kucing Anda dengan  baik di tempat mandinya. Melakukan hal ini akan mempermudah Anda selama proses memandikan kucing. 

Berikut ini peralatan mandi kucing yang perlu Anda siapkan.

  • Air hangat 
  • Ember atau baskom
  • Gayun/selang/semprotan air
  • Shampo kucing
  • Handuk
  • Hairdryer
  • Kandang Kucing

4. Selalu Menggunakan Air Hangat

Cara memandikan kucing berikutnya adalah pastikan Anda menggunakan air hangat. Penyebab kucing tidak suka dimandikan adalah karena harus bersentuhan dengan air dingin. Oleh karena itu, menggunakan air hangat adalah solusi agar kucing lebih tenang dan nyaman saat dimandikan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...