Mengenal Apa Itu Prospek Kerja dan Cara Membangunnya Sejak Dini

Tifani
Oleh Tifani
13 Oktober 2022, 17:29
apa itu prospek kerja
ANTARA FOTO/Henry Purba/wpa/YU
Ilustrasi, sejumlah pelamar kerja memadati stan saat pameran Jakarta Job Fair di Tamini Square, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Propek kerja menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk menentukan jurusan pendidikan, terlebih pada tingkat pendidikan perguruan tinggi. lalu apa itu prospek kerja? Prospek kerja adalah peluang kerja yang tersedia di masa depan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman seseorang.

Dari segi pendidikan tinggi, prospek kerja dapat ditentukan dari jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa. Sebagai contoh, mahasiswa yang mengambil jurusan di bidang humaniora seperti ilmu hukum memiliki beragam prospek kerja, antara lain pengacara, hakim, jaksa, dan staf legal di perusahaan.

Advertisement

Rupanya prospek kerja juga dapat dibangun, tujuannya agar seseorang lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketika selesai menempuh pendidikan tinggi. Dikutip dari laman gramedia.com, berikut cara membangun prospek kerja.

1. Pilih Tempat yang Tepat untuk Belajar

Bagi calon mahasiswa yang baru akan memutuskan jurusan maupun universitas untuk melanjutkan pendidikan, reputasi jurusan dan universitas menjadi hal yang perlu ditanyakan. Pasalnya, baik buruknya citra jurusan dan universitas menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam mencari pegawai baru.

2. Tetapkan Tujuan Karir

Program karir dari universitas menjadi sebuah kesempatan terbaik yang didapatkan mahasiswa. Mahasiswa harus mengikutinya sedini mungkin.

Tujuannya agar mahasiswa mendapatkan gamabaran mengenai jenjang karir yang akan dituju di masa yang akan datang.

3. Cari Relasi Sebanyak Mungkin

Relasi menjadi salah satu faktor yang cukup mempengaruhi prospek kerja. Semakin banyak memiliki relasi, semakin mudah juga mendapatkan kesempatan kerja di masa yang akan datang.

Mahasiswa dapat menggunakan sosial media untuk membangun relasi. Caranya dengan memperbarui secara berkala tentang kemampuan dan pengalaman baik dari pekerjaan, studi ataupun dari kegiatan yang ddikuti selama ini.

4. Cari Pengalaman Magang

Penting untuk para calon sarjana memanfaatkan program magang atau program pengalaman kerja dari universitas. Nantinya pengalaman magang ini menjadi salah satu bahan pertimbangan perusahaan.

Calon mahasiswa dapat mencari tau rogram magang ataupun program penempatan kerja dari unviersitas. Sebab beberapa universitas menjalin kerja sama dengan perushaan secara langsung.

Ragam Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Menjanjikan

Para calon mahasiswa harus mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih jurusan kuliah. Beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan memiliki prospek kerja hingga gaji yang kompetitif.

1. Medis

Bidang medis menjadi salah satu bidang yang penting untuk kehidupan umat manusia. Profesi di bidang kesehatan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan bagi para calon mahasiswa.

Ada berbagai profesi yang dihasilkan jurusan ini, mulai dari dokter umum, dokter spesialis, dokter anastesi, perawat hingga ahli kesehatan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement