Menilik 7 Prospek Kerja Sosiologi yang Menarik untuk Ditekuni

Tifani
Oleh Tifani
13 Oktober 2022, 11:33
Prospek Kerja Sosiologi
Katadata
Ilustrasi, seorang rekruter mewawancara calon karyawan.

Ilmu sosiologi dapat menjadi salah satu pilihan program studi di jenjang pendidikan perguruan tinggi yang patut dipertimbangkan. Sebab, prospek kerja sosiologi yang menjanjikan, dapat menjadi pertimbangan para calon mahasiswa.

Sosiologi adalah ilmu yang membahas perilaku masyarakat dari berbagai aspek. Ilmu ini mempelajari perilaku sosial antarindividu maupun antarkelompok. Masyarakat menjadi subjek utama dari studi ini.

Dikutip dari laman masoemuniversity.ac.id, jurusan sosiologi adalah studi yang berfokus pada perilaku dan sifat masyarakat. Bagaimana sistem kehidupannya, interaksinya, karakteristiknya, dan perkembangannya dari masa ke masa.

Lulusan sosiologi dibekali berbagai cabang keilmuan yang bersifat fleksibel dan akan terus berkembang. Selaras dengan perkembangan masyarakat, sehingga prospek kerja sosisologi cukup mejanjikan dan berpeluang.

Adapun, lulusan jurusan program studi ini memiliki sederet prospek kerja yang menjanjikan. Simak penjabarannya berikut ini.

1. Sosiolog

Prospek kerja sosiologi yang pertama ialah menjadi sosiolog atau ahli sosiologi. Sosiolog adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam memahami perilaku sosial yang terjadi di masyarakat.

Seorang sosiolog memiliki dasar ilmu sosiologi yang kuat, sehingga lebih peka terhadap setiap gejala sosial yang terjadi dan berkembang di tengah masyarakat. Sosiolog melakukan kajian terhadap fenomena sosial berdasarkan konsep sosiologi.

Misalnya, mempelajari perilaku masyarakat dan sosial dengan melakukan observasi terhadap kelompok juga lembaga dan organisasi sosial yang membentuknya. Menganalisis perilaku dan interaksi kelompok, mengkaji asal muasal dan pertumbuhan suatu kelompok, dan meneliti bagaimana kegiatan kelompok dapat mempengaruhi perilaku seorang individu.

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) juga menjadi salah satu prospek kerja sosiologi. Lulusan jurusan ini dibutuhkan diberbagai jabatan formal pemerintahan. Ada berbebagai lembaga pemerintahan, baik dinas dan yang lainnya membuka formasi ASN untuk lulusan sosiologi.

Banyak lulusan sosiologi yang dibutuhkan di lembaga Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kementerian Sosial, hingga menjadi staf legislatif.

3. Pekerja Sosial

Lulusan jurusan sosiologi juga dapat menjadi pekerja sosial, baik bergabung dalam organisasi non profit atau yang lainnya. Jangan khawatir, kini berbagai organisasi nirlaba tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Pilihlah organisasi nirlaba yang menjadikan pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu fokusnya. Selain bergabung ke dalam organisasi nirbala, lulusan sosiologi juga dapat menjadi pekerja sosial.

Pengalaman yang dimiliki lulusan sosiologi dalam kegiatan pengabdian dan kemampuan mengatasi konflik sosial sangat dibutuhkan untuk menangani persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Pekerja sosial umumnya bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...