Mengintip 5 Minuman Khas Padang yang Menggugah Selera

Anggi Mardiana
13 Oktober 2022, 17:03
minuman khas Padang
Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Ilustrasi, minuman khas Padang, Teh Talua

Minuman khas Padang mungkin terdengar asing di telinga banyak orang. Ini tidak mengherankan, karena jika mendengar kata "Kota Padang", bayangan banyak orang pasti langsung akan mengarah pada kekayaan tradisi dan budaya, serta hidangan makanannya. Padahal, selain itu semua, kota ini juga menyimpan keunikan dalam hidangan minumannya.

Minuman khas Padang tentunya cukup beragam, unik dan menarik. Sangat sayang jika wisatawan pergi ke Sumatera Barat, tepatnya ke Kota Padang, tetapi tidak mencicipi aneka kuliner minuman khasnya.

Pasalnya, beberapa minuman khas Padang, tidak ditemukan di daerah lain. Maka dari itu, beberapa minuman berikut ini wajib dicoba ketika wisatawan bertandang ke Kota Padang.

1. Kawa Daun

Kawa daun merupakan salah satu minuman khas Padang yang mampu memberikan rasa hangat bagi tubuh. Selain itu, baik untuk kesehatan karena mampu menekan penyakit diabetes dan risiko penyakit jantung. Kawa daun biasanya banyak ditemukan di sejumlah daerah dingin di Sumatera Barat.

2. Teh Talua

Teh talua jadi pilihan minuman bagi laki-laki karena bisa menambah stamina. Minuman ini terbuat dari telur ayam kampung yang diaduk sampai memutih lalu diberi seduhan teh panas. Kamu bisa menambahkannya dengan susu kental panas dan jahe agar semakin nikmat. Selain itu, cocok diminum saat hujan.

3. Aia Aka

Minuman asli minang yang wajib kamu coba selanjutnya ialah Aia aka. Untuk cara membuatnya cukup mudah karena hanya membutuhkan bahan dasar cincau mirip seperti agar-agar. Setelah itu disiram dengan gula merah dan santan agar semakin segar. Cocok diminum saat musim panas.

4. Es Tebak

Namanya memang cukup unik namun bukan mengartikan tebak-tebakan. Es tebak bisa jadi salah satu minuman pelepas dahaga yang terdiri dari tape ketan hitam, cincau hitam, kolang-kaling dan tebak. Apalagi jika ditambah susu kental sehingga rasanya semakin lezat dan segar.

5. Es Cendol

Es cendol cukup legendaris bagi sejumlah kalangan masyarakat Minang karena keberadaannya yang cukup lama yaitu sejak tahun 1950 an. Es cendol terbuat dari sejumlah bahan baku seperti daun pandan, tepung beras, gula aren dan santan.

Cara Membuat Teh Talua dan Es Tebak

Jika sebelumnya kamu mengetahui aneka minuman khas Padang secara umum. Berikut resep dan cara membuat aneka minuman khas dari tanah Minang, yakni Teh Talua, dan Eh Tebak

1. Resep dan Cara Membuat Teh Talua

Untuk membuat teh talua ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Pastikan tidak ada bahan yang tertinggal ketika akan membuatnya, antara lain:

  • Kuning telur ayam kampung atau bebek 1 butir.
  • Gula pasir 2-3 sendok makan, bisa disesuaikan dengan selera.
  • 1 iris jeruk nipis.
  • Teh bubuk

Setelah sejumlah bahan siap, selanjutnya masuk ke beberapa tahap pembuatan. Cara membuatnya relatif mudah. Pertama, kocok kuning telur dan gula terlebih dahulu hingga mengembang dan warnanya pucat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...