Cara Mengatasi Sinusitis di Rumah dengan Mudah dan Murah

Tifani
Oleh Tifani
17 Oktober 2022, 15:28
cara mengatasi sinusitis
pixabay.com
Ilustrasi, air putih hangat yang bermanfaat untuk tubuh dan bisa menjadi salah satu cara menganani sinusitis.

Sinusitis dapat menimbulkan rasa sakit di sekitar pipi, dahi bahkan hingga sakit kepala serius. Saat mengalami gejala ini, ada beberapa cara mengatasi sinusitis yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk meredakannya.

Mengetahui cara mengatasi sinusitis yang dapat dilakukan dirumah dapat sangat membantu bagi para penderita sinus. Pasalnya gejala sinus dapat menganggu aktifitas sehari-hari.

Dilansir dari laman alodokter.com, rasa sakit pada sinus terjadi karena adanya tekanan pada rongga sinus. Ketika meradang, selaput lendir rongga sinus akan membengkak, sehingga cairan dalam sinus yang seharusnya dialirkan ke luar jadi menumpuk dan menekan rongga sinus.

Cara Mengatasi Sinusitis

Untuk mengatasi sinusitis tidak harus dengan langsung datang ke rumah sakit. Melainkan, bisa menanganinya di rumah, lewat bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut ini cara mengatasi sinusitis yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi sinusitis yang pertama adalah dengan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih, teh atau jus tanpa gula adalah cara yang baik untuk menjaga sistem tubuh tetap terhidrasi.

Cairan-cairan ini akan membantu mengencerkan lendir dan meredakan sinus yang teriritasi. Saat sedang menderita sinusitis, ada baiknya untuk menghindari alkohol, kafein dan merokok. Sebab nantinya dapat menyebabkan dehidrasi. Alkohol bahkan dapat menambah pembengkakan pada sinus.

2. Lakukan Bilas Hidung

Cara mengatasi sinusitis yang satu ini biasa disebut irigasi nasal, cara ini dapat membersihkan sinus dari lendir dan kotoran yang mengiritasi sinus, sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Berikut adalah cara mencuci hidung untuk menangani sinusitis:

Buat larutan garam yang terdiri dari 1 liter air hangat suam-suam kuku dan 1 sendok teh garam. Tambahkan ½ sendok teh baking sodajika ingin mengurangi rasa asin.
Masukkan larutan ke dalam neti pot (bisa dibeli di apotek) atau teko kecil yang Anda miliki di rumah. Pastikan neti pot atau teko dalam keadaan bersih.

Bersandarlah ke wastafel dan miringkan kepala Anda. Kemudian, tuangkan larutan garam ke salah satu lubang hidung, dan biarkan larutan mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya. Gunakan mulut untuk bernapas selama larutan mengalir di dalam hidung.

3. Obat Tetes Hidung

Cara lain untuk mengatasi sinusitis yaitu dengan menggunakan obat tetes hidung steroid. Namun, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dari dokter setelah pemeriksaan.

Obat ini mampu mengurangi peradangan di bagian rongga sinus dan membuat infeksi tidak menyebar ke tempat lain. Cara memakai obat ini dengan disemprotkan langsung ke hidung.

Selain itu, ada pula obat semprot dekongestan. Namun, penggunaan dalam waktu lebih dari satu minggu, obat ini bisa menimbulkan efek samping. Misalnya, menyebabkan penyumbatan pada sinus bertambah buruk. Oleh sebab itu, tanyakan pada dokter sebelum menggunakan obat ini.

4. Uap

Cara mengatasi sinusitis yang ketiga adalah dengan uap panas. Uap dapat bekerja secara efektif untuk membantu meringankan gejala sinus yang muncul.

Bahkan para dokter juga meresepkannya bagi para penderita sinusitis. 3 tetes minyak pappermint dan minyak kayu putih juga dapat ditambahkan ke dalam mangkuk air panas yang mengepul.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...