Memahami Ciri-ciri Mata Ikan dan Cara Pencegahannya

Tifani
Oleh Tifani
18 Oktober 2022, 15:50
ciri-ciri mata ikan
Katadata
Ilustrasi, kaki

Mata ikan atau clavus adalah kondisi di mana kulit mengalami penebalan dan pengerasan karena berusaha untuk melindungi tekanan serta gesekan.

Penyakit mata ikan kerap disamakan dengan kapalan. Padahal, dua masalah kulit ini adalah hal yang berbeda. Sebab, penyakit mata ikan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi penderitanya

Dikutip dari laman alodokter.com, ciri-ciri mata ikan umumnya berbentuk benjolan kecil yang di bagian tengahnya keras dan dikelilingi kulit meradang. Biasanya, mata ikan juga diikuti dengan rasa nyeri, luka, dan terasa menyakitkan.

Mengenali Ciri-ciri Mata Ikan

Biasanya mata ikan muncul di area tumit kaki dan area penompang kaki lainnya. Sekilas mata ikan dan kapalan hampir memiliki gejala yang sama, sehingga sulit dibedakan. Maka penting untuk mengetahui ciri-ciri mata ikan, agar segera mendapatkan pengobatan. Ciri-ciri mata ikan, adalah sebagai berikut:

  • Area kulit menjadi tebal dan kasar
  • Kulit terkelupas dan terasa kering
  • Kesakitan dan ketidaknyamanan di bagian kulit
  • Benjolan kecil, bulat, menonjol dari kulit mengeras yang dikelilingi oleh kulit yang teriritasi
  • Jika terjadi infeksi pada area mata ikan, maka dapat timbul rasa nyeri yang lebih hebat, kemerahan, dan keluarnya cairan dari area benjolan.

Gejala Mata Ikan

Berdasarkan bentuk dan tempat timbulnya, mata ikan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Mata Ikan Keras

Mata ikan keras merupakan jenis yang paling sering terjadi. Mata ikan ini timbul di bagian kulit yang langsung bersentuhan dengan tulang. Tanda dari kondisi ini adalah penumpukan kulit yang terasa keras dan memiliki inti di tengahnya.

2. Mata Ikan Lunak

Mata ikan lunak terjadi pada bagian kulit yang lembab, seperti kulit di sela jari-jari. Mata ikan ini berwarna keputihan atau abu-abu, terasa halus, dan memiliki tekstur kenyal.

3. Mata Ikan Kecil

Mata ikan jenis ini berukuran lebih kecil dari jenis mata ikan lainnya. Mata ikan kecil biasanya muncul di bagian bawah kaki. Meski berukuran lebih kecil, mata ikan jenis ini juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Risiko Mata Ikan

Gesekan dan tekanan yang terjadi secara terus menerus pada bagian kulit tertentu nyatanya menjadi penyebab dari mata ikan.

Ada beberapa kondisi yang dapat memicu gesekan dan tekanan yang menimbulkan mata ikan, seperti penggunaan sepatu yang terlalu kecil, tidak menggunakan kaos kaki saat penggunaan sepatu yang cukup lama, memainkan alat musik dengan menggunakan jari tangan, serta kebiasaan merokok yang dapat menyebabkan mata ikan pada jari tangan.

Lalu, apakah ada faktor risiko lainnya untuk mata ikan? Nyatanya, beberapa kondisi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi mata ikan, antara lain:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...