10 Cara Menghilangkan Mata Ikan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Tifani
Oleh Tifani
18 Oktober 2022, 14:02
cara menghilangkan mata ikan
Katadata
Ilustrasi, menggosok kaki menggunakan batu apung.

Mata ikan merupakan penumpukan area kulit yang keras dan tebal. Masalah kulit ini jarang menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Namun, kemunculan masalah kulit ini kerap kali dapat mengganggu kenyamanan pada kaki, terutama saat berjalan.

Mata ikan atau clavus adalah penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan dapat timbul di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi pada tangan, kaki, dan jari.

Mata ikan biasanya berbentuk bulat dengan ukuran lebih kecil daripada kapalan, memiliki bagian tengah yang keras, dan dikelilingi kulit yang meradang. Selain bentuknya yang dapat mengganggu keindahan kulit, mata ikan juga dapat disertai nyeri, luka, dan infeksi. Namun, kondisi ini umumnya tidak tergolong serius.

Dikutip dari laman halodoc.com, berikut sederet cara menghilangkan mata ikan, baik melalui tindakan medis dan alami.

1. Selep Mata Ikan

Cara menghilangkan mata ikan yang pertama ialah menggunakan salep mata ikan. pengobatan mata ikan dapat dilakukan dengan mengoleskan salep dengan kandungan asam salisilat pada bagian kaki atau anggota tubuh lainnya yang terkena mata ikan atau katimumul. Obat ini biasanya bisa diakses secara bebas di apotek-apotek.

Kandungan asam salisilat pada obat berfungsi melunakkan kulit mati sehingga lebih mudah dihilangkan atau dibersihkan. Obat ini dapat dioleskan sekali sehari pada mata ikan, termasuk kapalan selama satu minggu berturut-berturut. Kemudian kaki direndam dalam air yang cukup panas.

Jika sudah melakukan hal demikian, mata ikan biasanya akan melepaskan “bijinya” atau “bijinya” sudah menjadi begitu lunak sehingga dapat denga mudah dikeluarkan secara mekanis.

Namun, orang yang mengidap penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer sebaiknya jangan menggunakan asam salisilat, karena malah dapat menyebabkan kulit bahkan saraf menjadi rusak.

2. Menggunakan Bantalan Sepatu

Cara menghlangkan mata ikan selanjutnya ialah menggunakan banatalan sepatu. Tujuannya untuk mencegah area yang terkena mata ikan bergesekkan dengan sepatu, bantalan atau pads yang sudah disesuaikan dengan bentuk telapak kaki.

3. Menggunakan Batu Apung

Cara menghilangkan mata ikan dengan batu apung cukup sederhana. Pertama-tama, perlu merendam kaki terlebih dahulu di dalam air hangat agar kulit kaki menjadi lebih lunak. Kemudian, gosok mata ikan di telapak kaki dengan menggunakan batu apung secara perlahan untuk mengikis penumpukan kulitnya. Setelah selesai, oleskan pelembap ke area kulit yang dikikis agar kulit tetap lembap dan halus. Cara ini dinilai ampuh untuk mengobati mata ikan

4. Operasi

Jika mata ikan tidak menjadi lunak setelah diberikan obat dengan kandungan salisilat atau semakin mengganggu, dokter bisa membantu dengan melakukan operasi. Operasi dilakukan dengan cara memotong beberapa kulit yang menebal menggunakan pisau bedah. Prosedur operasi berguna untuk mengurangi tekanan pada jaringan di bawah mata ikan.

Ingat, jangan mencoba memotong sendiri mata ikan di telapak kaki, karena hal ini bisa menyebabkan infeksi yang berpotensi membahayakan jaringan di sekitarnya. Memotong mata ikan hanya boleh dilakukan oleh dokter.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...