Memahami Konversi Rumus Reamur ke Celcius Beserta Contoh Soalnya

Dwi Latifatul Fajri
18 Oktober 2022, 19:40
rumus reamur ke celcius
Freepik
Ilustrasi, pengukuran suhu.

Suhu adalah besaran yang menyatakan ukuran derajat panas atau dingin benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Jika dilihat melalui mikroskop, suhu menunjukkan energi yang dimiliki suatu benda.

Dalam buku Fisika Lingkungan, setiap atom dalam benda dapat bergerak. Pergerakan dalam bentuk perpindahan, gerakan di tempat, atau gerakan. Semakin tinggi energi atom-atom penyusun benda, maka semakin tinggi suhu benda tersebut.

Alat untuk mengukur suhu adalah termometer. Cara kerja termometer yaitu memanfaatkan sifat pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu. Skala termometer berdasarkan suhu ketika es mencair (titik tetap bawah) dan air mendidih (titik tetap atas).

Skala termometer yang digunakan yaitu skala Celcius, skala Fahrenheit, skala Kelvin, dan skala Reamur. Rumus Celcius ke Reamur adalah R = 4/5 C. Berikut penjelasannya.

Skala Reamur

Reaumur diusulkan oleh René Antoine Ferchault de Réaumur, tahun 1731. Awalnya dia membuat termometer dengan alkohol. Sekarang termometer diganti dengan air raksa.

Ketetapan titik beku air adalah air 0o R dan titik didih sebesar 80o R.. Mengutip dari ruangguru.com, Reamur menjelaskan angka 80 gampang dibagi 2. Hasilnya menjadi 40, 20, 10, 5. Titik beku Reamur adalah 0 derajat, sedangkan titik didih air 80 derajat. Artinya 1 derajat Reamur setara dengan 1,25 derajat Kelvin dan Celcius.

Rumus Reamur ke Celcius

Skala Celcius bisa dikonversi ke suhu lainnya menggunakan rumus. Mengutip dari gramedia.com, perbandingan keempat suhu yaitu:

C : R : F : K = 100 : 80 : 180 : 100

C : R : F : K = 5 : 4 : 9 : 5

Maka rumus Reamur ke Celcius:

T0C = 5/4 x T0R

Skala Celcius

Skala Celcius ditemukan oleh Anders Celcius. Skala celcius didesain supaya titik beku air berada 0 derajat dan titik didih 100 derajat. Skala celcius banyak dipakai di dunia kecuali Amerika Serikat yang menggunakan Fahrenheit.

Rumus Celcius ke Reamur

T0R = 4/5 x T0R

Contoh Soal

1. Diketahui 600C = 0 R

Jawab:

T0R = 4/5 x T0C

        = 4/5 x 60

T0R =  480R

2. Diketahui sepotong logam dipanaskan dan diukur dengan termometer optik. Termometer menunjukkan skala 360C, maka berapa suhu jika dikur ke termometer celcius?

Perbandingan skala termometer celcius dan reamur yaitu:

tC/tR = 5/4

Maka

tC = 5/4 x tR

tC = 5/4 x 36

tC = 45

Jadi, ketika diukur dengan termometer celcius suhunya menjadi 450C

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...