Memahami Rumus Celcius ke Fahrenheit dan Contoh Soal

Dwi Latifatul Fajri
17 Oktober 2022, 23:55
Rumus Celcius ke Fahrenheit
https://www.cuemath.com/c-to-f-formula/
Ilustrasi Termometer Celcius ke Fahrenheit

Fahrenheit dan Celcius dipakai untuk mengukur suhu. Alat untuk mengukur suhu adalah termometer. Ada beberapa jenis derajat suhu dalam termometer seperti Reamur, Fahrenheit, Kelvin, dan Celcius.

Keempat jenis kala suhu ini dapat dikonversi menggunakan rumus. Misalnya rumus fahrenheit ke celcius dikurangi angka 32. Sedangkan konversi Celcius ke Fahrenheit mengurangi Suhu F dikurangi 32.

Menurut Encyclopedia Britannica, suhu adalah ukuran untuk panas atau dingin yang dinyatakan dengan skala sembarang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, suhu artinya ukuran kuantitatif dari temperatur, panas, atau dingin. Suhu menjadi besaran untuk menyatakan ukuran derajat dingin dan panas suatu benda.

Jenis Skala Suhu

Terdapat empat jenis skala suhu yaitu Celcius (C), Fahrenheit (F), Reamur (R), dan Kelvin (K). Setiap suhu berdasarkan dua titik yakni titik tetap bawah dan titik tetap atas. Titik tetap bawah menunjukkan titik beku, sedangkan titik tetap atas menunjukkan titik didih.

Berikut penjelasan jenis skala suhu:

1. Celcius (C)

Celcius adalah jenis suhu yang paling banyak dipakai di dunia. Satuan derajat Celcius adalah C. Skala celcius memiliki titik bawah 0 derajat Celcius dan titik atas sebesar 100 derajat Celcius.

2. Fahrenheit (F)

Satuan derajat Fahrenheit adalah F. Pengukur suhu Fahrenheit banyak dipakai di Amerika Serikat. Mengutip dari gramedia.com, titik bawah Fahrenheit sebesar 32 derajat F dan titik atas adalah 212 derajat F.

3. Kelvin (K)

Pengukuran skala Kelvin jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi para ilmuwan menggunakan pengukuran suhu dimana nol merepresentasikan ketiadaan energi termal. Mengutip dari zenius.net, skala Kelvin memiliki titik beku air pada 273 K dan titik didih 373 K.

4. Reamur (R)

Skala Reamur menggunakan titik beku air pada 0 derajat, sedangkan titik didih air 80 derajat. Sehingga 1 derajat Reamur sama dengan 1,25 derajat Celcius dan Kelvin.

Rumus Fahrenheit ke Celcius

Suhu Celcius (C) bisa dikonversi ke suhu Fahrenheit. Konversi suhu ini untuk menyatakan suhu suatu benda dari satu skala ke skala lain.

Mengutip dari saintif.com, termometer Celcius terdiri dari 100 skala, sedangkan termometer Fahrenheit sebesar 180 skala. Skala tersebut antara titik beku air dan titik didih air. Maka perbandingan Celcius ke Fahrenheit sebesar 100/180 = 5/9.

Maka, rumus fahrenheit ke celcius yaitu:

T0C = 5/9 (T0F - 320)

Contoh Soal

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...