Dataran Rendah, Pengertian, Ciri-ciri, dan Pemanfaatannya

Annisa Fianni Sisma
24 Oktober 2022, 10:21
dataran rendah adalah
PEXEL
Ilustrasi, ladang di dataran rendah.

Dataran aluvial, atau biasa disebut dataran rendah adalah adalah suatu hamparan tanah lapang, dengan ketinggian yang relatif rendah. adalah suatu hamparan tanah lapang dengan ketinggian yang relatif rendah. Ini merupakan salah satu relief permukaan bumi, yang terbentuk dari keberadaan tenaga endogen dan eksogen.

Dataran rendah biasanya berdekatan dengan pantai, dan hilir sungai. Karena posisinya yang dekat dengan pantai dan hilir sungai, banjir menjadi bencana alam yang kerap terjadi di dataran rendah.

Penyebab munculnya dataran rendah adalah, adanya sedimentasi sungai. Proses sedimentasi ini, membuat tanah di dataran rendah menjadi tanah yang subur. Oleh karena itu, tak heran jika dataran rendah merupakan kawasan padat penduduk.

Mengutip dosengeografi.com, berikut ini ulasan mengenai ciri-ciri dataran rendah, serta pemanfaatannya dalam kehidupan manusia.

Ciri-ciri Dataran Rendah

Dataran rendah memiliki karakteristik tersendiri, yakni sebagai berikut:

1. Dikenal Subur

Ciri pertama dataran rendah adalah, memiliki tanah yang subur, sebagai akibat dari proses sedimentasi sungai, sehingga banyak masyarakat yang menempatinya. Sebab. tanah yang subur membuat banyak orang mudah bercocok tanam.

2. Terletak di ketinggian 200 Meter di Atas Permukaan Laut

Dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi yang berupa tanah lapang yang ketinggiannya relatif rendah yang tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

3. Suhu Berkisar 23-28 Derajat Celcius

Dari segi iklim, dataran rendah memiliki curah hujan yang cukup tinggi, dengan suhu berkisar antara 23-28 derajat celcius (0C).. Hal ini menyebabkan udara setempat sedikit hangat. Berbeda dengan dataran tinggi yang identik dengan suhu dinginnya, suhu hangat di dataran rendah, serta tanah yang subur membuat banyak masyarakat yang tinggal didataran ini.

4. Terbentuk oleh Sedimentasi

Dataran rendah ini biasanya terbentuk karena sedimentasi. Sedimentasi adalah proses pengendapan material ke tempat tertntu karena media seperti angin, air, es, atau gletser.

5. Berada di Dekat Sungai dan Pantai

Proses sedimentasi tersebut menyebabkan tanah dataran rendah menjadi subur. Berkaitan dengan hal tersebut, bentang alam yang berada di dekat dataran rendah adalah sungai, pantai, hilir sungai, dan lain sebagainya.

Pemanfaatan Dataran Rendah

Dataran rendah dengan berbagai karakteristiknya memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut ini manfaat adanya dataran rendah bagi kehidupan selengkapnya.

1. Irigasi

Dataran rendah dapat dijadikan jalur irigasi sawah. Sawah irigasi adalah sawah yang sumber airnya adalah air dari irigasi. Sawah ini cocok untuk tanaman yang harus terus mendapatkan pengairan baik dari air hujan maupun sungai atau waduk.

Jika sawah ini teririgasi dengan baik, sawah akan tumbuh subur. Sawah tersebut pun dapat memberikan bahan pangan yang dibutuhkan bagi manusia untuk kehidupan.

2. Pemukiman

Daerah dataran rendah adalah lokasi yang tepat bagi kehidupan. Pasalnya, suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas menyebabkan tanaman dapat tumbuh subur, suhu udara yang menyegarkan, dan air yang melimpah menjadi sumber kehidupan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...