Mengenal Ciri-ciri Panic Attack, Penyebab, dan Pengobatannya

Tifani
Oleh Tifani
27 Oktober 2022, 10:52
ciri-ciri panic attack
Katadata
Ilustrasi, panic attack

Serangan panik atau panic attack adalah episode dari rasa takut yang amat sangat dan memicu reaksi fisik tertentu. Serangan semacam ini dapat membuat seseorang merasa panik tanpa ada alasan jelas.

Serangan panik dapat berlangsung selama beberapa menit hingga setengah jam. Panic attack berbeda dengan panik ketika ketinggalan benda tertentu, seperti dompet atau telepon seluler.

Ciri-ciri Panic Attack

Dikutip dari website alodokter.com, saat mengalami serangan panik, seseorang bisa benar-benar merasa ketakutan seolah nyawa sedang terancam dan dihadapkan pada bahaya.

Meski sebenarnya tidak sedang terjadi apapun yang membahayakan nyawa. Kemudian, hal ini membuat orang tersebut merasa kehilangan kontrol diri hingga akhirnya berpotensi menyebabkan serangan jantung atau bahkan meninggal.

Sebenarnya, tidak sedikit yang pernah mengalami serangan panik, khususnya saat sedang dalam kondisi tertekan dan stres. Namun, setelah kondisi yang menyebabkan stres berakhir, serangan panik ini pun tidak pernah terjadi kembali.

Meski secara umum serangan panik bukan gangguan mental yang membahayakan nyawa, kondisi ini bisa terasa menakutkan bagi orang yang mengalaminya. Belum lagi, kondisi ini bisa memengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Seseorang yang mengalami panic attack bisa saja menyadari ataupun tidak menyadari serangan panik yang sedang dialami. Untuk itulah pentingnya mempelajari ciri-ciri panic attack, agar dapat bersiap jika sewaktu-waktu merasakan serangan panik tersebut.

1. Datang Tiba-tiba

Serangan panik seringkali muncul secara tiba-tiba. Ketika mengalaminya, pikiran dan perasaan akan terasa semakin tersudut. Adapun secara fisik, Anda dapat mengalami beberapa gejala seperti menggigil, maupun merasakan timbulnya sensasi panas dan keringat berlebih.

2. Seringkali Datang Tanpa Pemicu

Berbeda dengan rasa panik normal di mana kemunculannya karena perihal situasi atau kondisi tertentu, serangan panik seringkali datang tanpa pemicu yang jelas. Bahkan, panic attack juga bisa menyerang seseorang yang sedang dalam kondisi rileks atau tidur. Ciri yang seringkali menyertai kemunculan serangan panik tanpa pemicu ini di antaranya adalah rasa takut ekstrem, kehilangan kendali, dan adanya dorongan untuk melarikan diri dari situasi tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...