Median Adalah Nilai Tengah, Ini Jenis, dan Contoh Soalnya

Destiara Anggita Putri
27 Oktober 2022, 11:24
Median Adalah
Unsplash
Ilustrasi, data statistik.

Matematika merupakan salah satu ilmu yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan tertentu, misalnya penyajian data. Dalam prosesnya,  Anda perlu  melakukan penelitian , pengamatan, atau observasi untuk memperoleh data yang diinginkan. 

Setelah itu, data tersebut baru bisa diproses dan kemudian disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau daftar. Ketiga bentuk ini disebut sebagai statistik.

Advertisement

Dalam penyajian data, tidak bisa terlepas dari istilah ukuran pemusatan data yang merpakan perwakilan dari keseluruhan  data yang ada dan terdiri dari mean, median, modus.

Median sendiri merupakan salah satu ukuran pemusatan data terpenting yang menampilkan suatu nilai yang berada di tengah-tengah data. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Median 

Dikutip dari Sampoerna Academy, median adalah nilai tengah dari sekumpulan data yang sudah diuraikan sebelumnya dari data terkecil hingga terbesar atau sebaliknya. Median dapat dikatakan sebagai median tunggal apabila suatu data memiliki median. 

Sementara itu, apabila banyak data merupakan bilangan ganjil  maka letak median terletajk pada  ½(n + 1) dan utuk bilaangan genap maka median terletak pada n/2 +1.   

Median sangat berguna untuk menghitung jumlah data yang relatif kecil. Namun, nlai median tidak stabil jika diterapkan pada data yang memiliki populasi yang sama. 

Median banyak digunakan dalam menentukan nilai ulangan dimana nilai median akan muncul bila ada pembagian kelas menjadi dua kelompok berdasarkan urutan nilai. 

Jenis-Jenis Median

Median yang secara sistematis dilambangakn Me, memilki dua jenis.  Dengan mengetahui jenisnya, maka Anda lebih menentukan rumus yang tepat untuk menghitungnya.

Berikut ini penjelasannya 

1. Median Data Tunggal

Median dapat dikatakan sebagai media data tunggal jika terdapat nilai tengah pada barisan data. Misalnya, dalam barisan data 1,2,3,4,5,6, 7. Median dari barus angka tersebut adalah 4 karena angka tersebut berada di tengah.

Mencari median data tunggal sangat mudah bila jumlah datanya ganjil  karena Anda hanya perlu mencari data yang  berada di tengah dari kumpulan data yang ada.

Namun, jika jumlah barisan data tersebut genap, maka ambil 2 data yang berada pada tengah-tengah urutan lagu dibagi dua. Dengan demikian, median data tunggal yang jumlah datanya genap bisa diketahui.

2. Median Data Kelompok

Dalam penyajian data kelompok, biasanya terdapat panjang interval atau jarak dari data satu ke data yang lain.  Misalnya 21-25,26-30,31-35, dan seterusnya.

Untuk mengetahui nilai median pada data kelompok, Anda harus mengetahui frekuensi kumulatifnya agar dapat mengolah data tersebut sehingga lebih mudah dikerjakan nantinya. 

Rumus Median

Untuk menentukan nilai median yang tepat diperlukan rumus yang sesuai.  Namun sebelum menghitung median, urutkan dulu data tersebut dari terkecil ke terbesar ataupun sebaliknya. Berikut dua cara menghitung median berdasarkan banyaknya data.

1. Bila Jumlah Data Ganjil

Jika sebuah data memiliki jumlah data ganjil, maka rumus yang digunakan adalah

Median =  

dengan n menyatakan banyaknya data. 

2. Bila Jumlah Data Genap 

Jika sebuah data memiliki jumlah data genap, maka rumus yang digunakan adalah

Median = 

dengan n menyatakan banyaknya data. 

Contoh Soal

Berikut ini beberapa contoh soal serta pembahasan yang dikutip dari beberapa sumber untuk meningkatkan pemahaman Anda dalam menghitung median. 

Contoh Soal 1

Sari yang bekerja di bagian administrasi, telah mendata jumlah pengunjung minimarket selama seminggu. Penyajian sederhananya sebagai berikut:

Contoh Soal Mean Median Modus Kelas 12 Beserta Jawabannya Lengkap

Berapakah median (nilai rata-rata pertengahan) dari data tunggal tersebut?

Pembahasan:

Soal ini merupakan contoh soal data ganjil yang meminta nilai median.

Data ganjil karena distribusi frekuensinya ada 7 sesuai jumlah hari dalam seminggu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement