Cara Membaca Mikrometer Sekrup untuk Hasil Perhitungan yang Akurat

Destiara Anggita Putri
28 Oktober 2022, 15:00
Cara Membaca Mikrometer
Wikipedia
ILustrasi, mikrometer.

Ada banyak sekali jenis alat ukur yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.  Salah satunya adalah mikrometer sekrup yang kerap digunakan untuk mengukur benda berukuran sangat tipis.  

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, mikrometer merupakan alat untuk mengukur jarak yang amat amat kecil yang digunakan bersama dengan teleskop atau mikroskop. Bisa dikatakan, mikrometer sekrup adalah salah satu jenis mikrometer yang bisa dimanfaatkan sebagai alat ukur.

Alat ukur ini memiliki tingkat ketelitian hingga mencapai 0,01 mm sehingga sering digunakan untuk  mengukur ketebalan dan diameter sebuah benda. 

Bisa dibilang, mikrometer sekrup memiliki fungsi yang sama dengan jangka sorong. Namun dua alat ukur ini memiliki perbedaan dimana mikrometer sekrup memiliki tingkat ketelitian 10 kali lebih tinggi.

Bila ingin menggunakan alat ini, Anda perlu mengetahui cara membacanya yang benar agar mendapatkan hasil perhitungan yang akurat. Sebelum mempelajarinya, Anda perlu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu mengenai alat ukur ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki berbagai jenis yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.  Berikut ini penjelasan jenis mikrometer sekrup yang bisa dijadikan referensi.

1. Jenis Mikrometer Sekrup Berdasarkan Skala

  • Mikrometer Sekrup Manual

Mikrometer jenis ini cukup sering digunakan dan memiliki harga yang lebih teragaku dari jenis lainnya. Ada dua skala pada mikrometer ini yaitu skala utama dan nonius. Penggunaannya sendiri masih dilakukan secara manual dari petunjuk pengukuran yang ditulis pada alat.

  • Mikrometer Sekrup Digital

Berbeda dengan versi manual, dengan menggunakan alat ini, Anda bisa melihat langsung hasil pengukuran di layar tanpa harus menghitungnya secara manual.  Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir risiko salah baca atau hitung.

2.Jenis Mikrometer Sekrup Berdasarkan Fungsi 

  • Mikrometer Sekrup Luar

Mikrometer ini bisa digunakan untuk mengukur diameter luar suatu benda kerja seperti kawat, lapisan benda, atau blok-blok benda.

  • Mikrometer Sekrup Dalam 

Mikrometer ini biasanya digunakan untuk mengukur diameter suatu lubang benda seperti diameter dalam suatu pipa. 

  • Mikrometer Sekrup Kedalaman

Mikrometer ini sering digunakan untuk mengukur kedalaman dan ketinggian suatu benda. Lantas apa bedanya dengan  mikrometer sekrup dalam.  

Perbedaannya adalah mikrometer jenis ini dapat digunakan mengukur kedalaman suatu lubanga sementara mikrmoter hanya bisa digunakan untuk mengukur diameter benda saja.  

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki bagian-bagian yang perlu Anda ketahui agar bisa menggunakannya dengan benar. Berikut ini penjelasannya.

bagian mikrometer sekrup

sumber foto:  sumberbelajar.com

1. Rangka (Frame)

Bagian ini memiliki bentuk seperti huruf U yang terbuat dari bahan logam tahan panas dan sangat tebal. Bahan yang tahan panas ini berguna untuk meminimalisir efek pemuaian panjang yang bisa mengganggu proses pengukuran.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...