13 Rekomendasi Alat Olahraga di Rumah

Tifani
Oleh Tifani
2 November 2022, 13:04
alat olahraga di rumah
Freepik
Ilustrasi, seorang pria berolahraga di rumah menggunakan tali skipping.

Banyak orang malas berolahraga karena enggan pergi ketempat olahraga. Mungkin ada juga yang kurang percaya diri untuk mencoba alat fitness gym yang canggih, terkesan mengintimidasi, dan sulit penggunaannya.

Ada banyak alat olahraga yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan aktivitas olahraga di rumah. Beberapa di antaranya bahkan tidak mahal, dan bisa dilakukan dengan mudah.

Advertisement

Ragam Alat Olahraga di Rumah

Dilansir dari laman hellosehat.com, sejumlah alat fitness sederhana yang bisa digunakan di rumah ini salah satu investasi yang baik untuk mulai berolahraga tanpa perlu ke luar rumah. Selain kegunaannya yang banyak, alat-alat ini bentuknya ringkas, penyimpanannya mudah, dan bisa dibawa ke mana pun

1. Tali Skipping

Lompat tali alias skipping adalah olahraga rumahan yang murah meriah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Skipping juga baik sebagai alternatif olahraga kardio untuk membakar lemak.

Pada awalnya, lakukanlah lompatan secara terus-menerus selama 30 detik atau setara dengan 50 kali lompatan. Ulangi dalam 3-4 set, kemudian istirahat selama 30-90 detik antara kedua set. Tingkatkan durasi lompat tali Anda secara bertahap menjadi 60 detik hingga 90 detik.

2. Resistance Band

Resistance band adalah seutas tali karet elastis untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam, mulai dari rendah hingga tinggi. Semakin rendah elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut dibentangkan, sehingga otot harus bekerja ekstra untuk melawannya.

Bentuknya resistance band pun macam-macam. Ada yang benar-benar seperti seutas tali karet, ada yang memiliki pegangan pada kedua ujungnya, serta ada pula yang berbentuk lingkaran. Ada banyak cara menggunakan resistance band.

Cara paling umum adalah dengan menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan, atau juga bisa menginjak salah satu ujung untuk kemudian menarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin. Latihan squat rutin juga bisa Anda modifikasi dengan bantuan si karet elastis ini. Cobalah lakukan 8-25 kali pengulangan (repetisi) untuk 2-3 set per latihan.

3. Matras Yoga

Matras yoga merupakan salah satu alat olahraga penting bagi yang rutin yoga atau meditasi. Alat ini juga bermanfaat untuk melakukan berbagai gerakan senam lantai, seperti plank, push up, dan sit up. Matras yoga berfungsi untuk menjaga pijakan agar tetap mantap selama melakukan pose-pose yoga, sekaligus melindungi tubuh dari benturan ketika jatuh tergelincir.

4. Foam Roller

Foam roller adalah gulungan busa empuk yang digunakan untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan kencang sehabis olahraga berat. Alat olahraga rumahan ini juga bisa digunakan sebelum berolahraga guna mencegah cedera.

Selain itu, foam roller juga bisa menjadi alat bantu olahraga selama yoga untuk membantu mempertahankan dan menguatkan keseimbangan tubuh. Manfaat lainnya dari foam roller adalah untuk menghilangkan selulit pada tubuh, terutama untuk wanita.

5. Dumbbell

Dumbbell adalah versi mini dari alat angkat beban yang ada di gym. Bobot dumbbell sendiri bervariasi, mulai dari yang sangat ringan sekitar 0,5 kg hingga berat hingga mencapai 10 kg.

Jika baru mulai melakukan latihan angkat beban, dumbbell bisa membantu untuk membentuk otot lengan dan bahu. Selain itu, dumbbell juga bisa digunakan sebagai variasi saat melakukan sit up, bench press, hingga squat sebagai tantangan dan memaksimalkan sesi olahraga.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement