Ragam Alat Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Tifani
Oleh Tifani
1 November 2022, 14:20
alat olahraga untuk mengecilkan perut
Freepik
Ilustrasi, seseorang berolahraga menggunakan treadmill.

Perut buncit tak hanya dapat menurunkan rasa percaya diri, namun juga berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Seseorang bisa memiliki perut buncit ketika terjadi penumpukan lemak di area perutnya, baik di bawah kulit maupun di dalam rongga perut, yaitu di sekitar organ dalam perut.

Penumpukan lemak ini terjadi ketika jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh menjadi energi.

Alat Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Penting untuk menjaga berat badan tetap ideal, salah satu caranya adalah rutin berolahraga. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga tertentu juga sangat baik untuk mengecilkan dan meratakan perut.

Agar lebih mudah, menggunakan alat olahraga untuk mengecilkan perut dapat dilkukan. Berikut sederet alat olahraga untuk mengecilkan perut yang dapat menjadi pilihan.

1. Tali Skipping

Rekomendasi produk alat olahraga untuk mengecilkan perut yang dapat dipertimbangkan untuk dimiliki adalah Tali Skipping. Meskipun terkesan ‘sederhana’ dan juga ‘klasik’ namun alat skipping ini bisa menjadi salah satu alat olahraga yang sangat bermanfaat.

Selain bisa memberikan manfaat yang cukup signifikan, skipping juga memiliki harga yang relatif terjangkau dan mudah didapatkan. Tali skipping merupakan sebuah alat untuk melakukan lompat tali yang secara khusus dibuat dari material PVC sehingga memiliki daya tahan yang sangat baik.

Saat ini banyak tali skipping yang memiliki indikator penghitung jumlah lompatan, produk ini sangat cocok digunakan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga ataupun juga kegiatan aerobik. Berlatih secara rutin dengan menggunakan tali skipping bisa memberikan manfaat untuk:

  • Melatih kekuatan otot jantung
  • Meningkatkan stamina
  • Menjaga keseimbangan tubuh
  • Membakar kalori
  • Mengecilkan ukuran perut biar menjadi lebih ramping

2. Stationary Bike

Cara kerja alat olahraga untuk mengecilkan perut yang satu ini sama seperti mengayuh sepeda. Bedanya hanya alat ini bisa digunakan di dalam ruangan sedangkan sepeda pada umumnya harus dilakukan di jalanan.

Selain digunakan untuk membakar lemak di area perut, Statioanry Bike juga bisa menjadi solusi tepat untuk melakukan latihan kardio, sehingga tubuh tetap terjaga dalam kondisi yang Fit.

3. Treadmill

Pembakaran lemak di area perut dan sekitarnya dapat dilakukan dengan menggunakan alat fitnes bernama treadmill. Cara penggunaan alat fitnes untuk mengecilkan perut ini adalah sama seperti jogging yang mana otot-otot pada tubuh bagian bawah akan bekerja lebih keras, sehingga lemak di area tersebut akan terbakar dalam jumlah banyak.

4. Dumbbell

Ketika melihat dumbbell, mungkin banyak yang berpikir bahwa alat yang satu ini merupakan alat untuk membentuk otot. Meski benar, dumbbell juga bisa digunakan untuk membakar kalori dalam rangka untuk mengecilkan bagian perut.

Dumbbell pada umumnya digunakan untuk melakukan olahraga secara rutin setiap harinya dengan tujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar dan otot menjadi kencang. Namun, dumbbell juga bisa digunakan sebagai alat fitnes untuk mengecilkan perut dan alat bantu lainnya.

Seperti dalam senan aerobik, zumba, dan lain sebagainya untuk memberi beban tambahan sehingga proses pembakaran kalori dan lemak menjadi lebih efektif.

5. Stepper/Climber

Cara kerja Stepper / Climber ini sama seperti saat mendaki bukit atau menaiki anak tangga. Gerakan ini seperti mendaki atau menaiki anak tangga, maka seluruh beban tubuh bertumpu pada satu lutut secara bergantian.

Oleh sebab itu alat ini tidak dianjurkan bagi manula atau osteoporosis. Walau demikian, ini akan sangat efektif sebagai alat fitnes untuk mengecilkan perut.

6. Side Wheel

Jika ingin mengecilkan perut dan juga memperkuat otot-otot perut, maka side wheel dapat menjadi pilihan. Alat fitnes untuk mengecilkan perut ini dapat digunakan untuk membantu mengencangkan dan meratakan perut secara lebih efektif.

Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk memperkuat lengan, bahu, punggung, dan juga untuk melatih tubuh bagian atas.

7. Cross Trainer

Ketika latihan menggunakan alat fitnes untuk mengecilkan perut ini, maka akan terjadi gerakan menyilangkan anatara kaki dan tangan, sehingga lebih optimal.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...