Pengertian Kubus, Rumus Panjang Rusuk, Luas Permukaan, dan Volume

Dwi Latifatul Fajri
4 November 2022, 18:13
Pengertian Kubus, kubus
Pixabay/Alicja
Ilustrasi, benda berbentuk kubus.

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang sisinya berbentuk persegi. Kubus memiliki sisi sama besar dari bentuk dan ukuran. Sifat kubus yaitu memiliki 12 rusuk sama panjang dan 8 titik sudut.

Contoh bangun ruang selain kubus yaitu balok, prisma, dan limas. Sedangkan bangun ruang berbentuk sisi lengkung adalah kerucut, tabung, dan bola. Perbedaan bentuk bangun ruang ini di bagian sisi.

Advertisement

Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang sisi datar yang dibatasi oleh titik-titik. Bagian titik ini menghubungkan ruang di seluruh permukaan kubus. Kubus memiliki 6 sisi yang sejajar (kongruen). Pengertian sisi adalah bangun ruang yang membatasi ruang satu dengan yang lain.

Dalam matematika kubus dapat dicari volume dan luas permukaan. Volume kubus adalah ukuran dalam ruang yang dibatasi bagian sisi kubus. Sedangkan luas permukaan kubus adalah jumlah keseluruhan sisi atau luas jaring-jaring kubus.

Unsur-unsur Kubus yang Perlu Diketahui

  • Kubus memiliki 12 rusuk sama panjang yaitu AB, BC. Jika panjang rusuk sama dengan s, maka jumlah panjang rusuk kubus sama dengan 12 x s.
  • Jumlah titik sudut kubus ada 8. Jika dilihat titik sudut kubus yaitu titik A,B,C,D,E, F, G, dan H.
  • Kubus mempunyai bidang diagonal yang berpotongan di tengah kubus. Bidang diagonal kubus yaitu ACGE, BDHF, ABGH, CDEF, ADGF, dan BCHE.
  • Sisi kubus terdiri dari bagian alas, atas, depan, belakang, dan sisi kanan kiri. Sisi kubus yaitu ABCD, EFGH, ABFE, CDHG, ADHE, dan BCGF.
  • Kubus mempunyai diagonal sisi yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut. Diagonal sisi kubus yaitu AC, BD, EG, HF, AF, CH, DG.

Rumus Panjang Rusuk Kubus

Contoh benda berbentuk kubus yang dipakai sehari-hari yaitu dadu, rubik, dan garam kotak. Bangun kubus ini memiliki besaran yang sama panjang rusuk kubus. Rumus panjang rusuk kubus yaitu menghitung terlebih dahulu volume, luas, dan keliling kubus.

Cara mencari panjang rusuk kubus yaitu akar pangkat tiga dari volume. Sedangkan cara mencari panjang rusuk kubus dari luas yaitu mengubah ke akar pangkat dua.

Mengutip dari kelaspintar.id, berikut cara mencari panjang rusuk kubus.

  • Mencari Volume Kubus terlebih dahulu jika V = Sdengan s adalah panjang rusuk
  • Maka rumus panjang rusuk kubus s = ∛V
  • Mencari luas permukaan kubus yaitu Lp = 6 x s2
  • Maka rumus panjang rusuk kubus s = √L/6

Contoh Soal Panjang Rusuk Kubus

1. Tentukan luas permukaan dan volume kubus pertama jika panjang rusuk kubus pertama adalah 13 cm.

L = s x s2

L = 6 (13)2

L = 6 (169)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement