Mengenal Macam-Macam Gaya Renang yang Dapat Dipraktikan

Tifani
Oleh Tifani
4 November 2022, 16:51
macam-macam gaya renang
ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU
Ilustrasi, perenang kedua tim estafet Indonesia Fathur Rizky Moreno memacu kecepatannya pada final estafet 4x100 meter gaya bebas campuran S14 ASEAN Para Games 2022.

Berenang adalah olahraga yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Prinsip gerakannya yang memaksa seluruh anggota tubuh untuk bergerak melawan arus air, mampu membangun kekuatan otot, stamina, sekaligus menyehatkan jantung.

Dilansir dari laman sehatq.com, bagi yang ingin menurunkan berat badan, berenang juga merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk membakar kalori berlebih. Meski bobot menjadi lebih ringan, tubuh akan lebih padat dan semakin kuat. Berikut macam-macam gaya renang yang dapat dicoba saat berenang.

1. Gaya Renang Trudgen

Gaya trudgen adalah salah satu macam gaya renang dan tekniknya yang berkembang dari gaya renang samping dan dinamai menurut nama perenang Inggris John Trudgen. Gaya trudgen mirip dengan gaya bebas, hanya saja dipasangkan dengan tendangan gunting, mirip dengan yang digunakan pada gaya samping.

Cara melakukannya saat lengan kiri berada di atas kepala, kaki direntangkan untuk bersiap menendang. Lalu saat lengan turun, luruskan kaki dan satukan untuk melakukan tendangan gunting. Gaya ini sangat unik karena kepala tetap berada di atas air secara keseluruhan.

2. Gaya Renang Anjing

Renang gaya anjing merupakan salah satu macam gaya renang dan tekniknya yang mengadopsi gerakan anjing saat berada di air. Gerakan ini cara melakukannya adalah memposisikan kepala berada di atas air sambil kaki dan tangan melakukan gerakan berenang seperti anjing.

Gaya ini dimulai dengan menghadap ke air dan mendayung dengan tangan bergantian, seringkali dengan hidung dan mulut di atas air. Gaya anjing dapat digunakan secara terbalik untuk menggerakkan kaki tubuh terlebih dahulu.

3. Gaya Renang Samping

Gaya samping merupakan salah satu macam gaya renang dan tekniknya jarang digunakan dalam kompetisi renang. Gaya ini penting dipelajari untuk pertahanan diri. Gaya ini paling sering digunakan oleh penjaga pantai saat mereka menyelamatkan seseorang, karena gaya ini paling mudah memungkinkanmu untuk menarik sesuatu bersamaan.

Gaya renang ini cara melakukannya dengan berenang menyampung, mendorong tubuh ke depan dengan tendangan gunting dan gerakan lengan bergantian. Salah satu cara untuk mengingat gaya samping adalah dengan membandingkannya dengan memetik apel.

Lengan pertama akan meregang di atas kepala dan memetik apel, kemudian tangan akan bertemu di depan dada. Lengan pertama menyerahkan apel ke lengan kedua (sisi tubuh yang berada di atas dan sebagian keluar air). Lengan kedua akan mengulurkan tangan untuk melempar apel ke belakang saat lengan pertama meraih apel lain di atas kepala.

4. Gaya Renang Punggung

Gaya punggung membutuhkan gerakan yang mirip dengan gaya bebas. Salah satu macam gaya renang dan tekniknya ini cara melakukannya dilakukan seperti namanya, di punggung.

Gaya punggung cara melakukannya dalam posisi terlentang horizontal. Seperti dalam gaya bebas, kaki menendang dengan tendangan mengepak yang pendek dan konstan sementara lengan bergerak dalam pola bergantian terus menerus.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...