Sejarah Olahraga Renang dan Ragam Manfaatnya bagi Kesehatan

Tifani
Oleh Tifani
4 November 2022, 14:04
olahraga renang
ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU
Ilustrasi, perenang ketiga tim estafet Indonesia Syuci Indriani melompat melanjutkan estafet final estafet 4x100 meter gaya bebas campuran S14 ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022).

Pengertian renang adalah jenis olahraga air yang mengandalkan seluruh komponen gerak tubuh. Olahraga renang adalah kegiatan yang biasa dilakukan di air tawar maupun air asin.

Dikutip dari buku "Belajar Berenang Bagi Pemula" (2018) oleh Dr. Subagyo, para ahli sepakat tentang pengertian renang adalah gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain di dalam air. Gerakan renang yang dimaksudkan baik dilakukan di sungai, laut, bak mandi, kolam renang, dan tempat luas yang mampu menampung air lainnya.

Advertisement

Renang bisa dilakukan oleh orang dari berbagai kalangan dan tingkatan umur, mulai balita hingga dewasa, termasuk ibu hamil. Olahraga dalam air ini memang tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan.

Jika dilakukan secara rutin dan teratur, renang bisa mencegah beberapa penyakit, seperti stroke, jantung, dan diabetes. Setelah berenang biasanya membuat tubuh bugar dan rileks.

Perasaan cemas dan stres juga bisa berkurang dan bahkan hilang. Hal tersebut yang menjadikan renang sebagai satu di antara olahraga yang cukup populer.

Sejarah Olahraga Renang

Keterampilan berenang telah ada sejak zaman dahulu kala baik sebagai alat bertahan di alam, beladiri dan berburu. Hal ini dibuktikan dari simbol yang merupakan peninggalan mesir kuno berupa hieroglyph pada masa 3000 tahun sebelum masehi.

Hal ini juga diperkuat dengan adanya lukisan-lukisan tentang berenang di air dari peninggalan bangsa Pompei di Italia. Bahkan pada era kejayaan Yunani, renang menjadi salah satu hal yang penting karena banyak terdapat pesta air yang telah menjadi budaya.

Renang juga menjadi salah satu kurikulum dalam pendidikan tentara yunani sejak lama. pada sekitar tahun 1800-an di Jerman dan Australia, mulai
timbul kolam-kolam renang umum dan renang masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah ke tentaraan.

Seiring dengan perkembangan waktu, renang menjadi sebuah keterampilan yang diajarkan secara luas dan mulai ada perkumpulan-perkumpulan renang. Di Indonesia olah raga renang telah berawal dari era Hindia Belanda.

Diawali dari kota Bandung, dan didirikannya organisasi Bandongze Zwembond (Perserikatan Renang Bandung). Seiring waktu, kota-kota besar lain menyusul dalam mengembangkan potensi kegiatan renang dan organisasi renang di tingkat daerah.

Setelah kemerdekaan, hingga tahun 1951 organisasi renang Indonesia masih berada di bawah ZBVI (Zwem Bond Voor Indonesia), baru pada tanggal 24 Maret 1951 berdirilah Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) yang diketuai oleh Dr. Poerwosoedarmo.

Pada tahun 1952 PBSI diterima menjadi anggota FINA dan IOC (Internationalle Olympic Comitee). Setelah diadakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-4 di Makassar pada tahun 1957, PBSI berubah menjadi
Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Manfaat Olahraga Renang

Renang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat melatih otot tubuh dan kekuatan jantung. Selain itu, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Berikut ini adalah manfaat berenang yang dapat diperoleh, terutama bila dilakukan secara rutin:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement