Peristiwa Cuaca Terjadi pada Lapisan Troposfer, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
9 November 2022, 09:23
Peristiwa cuaca terjadi pada lapisan,Peristiwa cuaca terjadi pada lapisan troposfer, troposfer
sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id
Ilustrasi, lapisan atmosfer.

Atmosfer bumi dibagi menjadi 5 lapisan. Lapisan paling bawah adalah troposfer. Peristiwa perubahan cuaca, iklim, dan musim terjadi di troposfer. Tropopause adalah lapisan pembatas antara troposfer dan stratosfer.

Ketinggian lapisan troposfer sekitar 0-12 km di atas permukaan bumi. Troposfer bermanfaat untuk kehidupan makhluk hidup. Selain itu terjadi perubahan suhu antara dataran tinggi dan dataran rendah.

Advertisement

Lapisan troposfer terdiri dari 75% massa gas, air, dan debu. Manfaat lapisan terbawah ini yaitu pelindung dari sengatan radiasi sinar matahari. Berikut penjelasan tentang lapisan troposfer.

Lapisan Troposfer

Peristiwa cuaca terjadi pada lapisan troposfer. Lapisan ini berada di bagian dasar permukaan bumi. Ketinggian lapisan 0 sampai 12 km di atas permukaan bumi. Troposfer adalah lapisan terbawah yang dekat dengan permukaan bumi.

Fungsi troposfer untuk menjaga kestabilan udara di bumi. Bagian terbawah ini terjadi perubahan musim, cuaca, iklim, dan terjadinya hujan. Troposfer menerima panas dari daratan dan matahari.

Ketinggian troposfer bisa berbeda di permukaan bumi. Dalam buku Geografi: Menyingkap Fenomena Geosfer, ketinggian troposfer 16 km di daerah tropis dan 8 km di daerah kutub. Lapisan terbawah ini terjadi penurunan suhu udara, karena meningkatnya ketinggian tempat dan lintang geografis.

Batas antara troposfer dan stratosfer yaitu tropopause. Batas lapisan ini terjadi penurunan suhu. Semakin tinggi lapisan maka suhu semakin rendah. Penurunan suhu bisa terjadi di daerah pegunungan. Suhu lebih rendah di dataran tinggi daripada pantai dan dataran rendah.

Mengapa suhu udara troposfer semakin rendah di pegunungan? Penyebabnya karena radiasi matahari berbentuk gelombang pendek. Radiasi yang diserap jumlahnya sedikit. Sehingga permukaan tanah terjadi pertukaran panas yang diterima melalui konduksi, konveksi, dan sublimasi dilepaskan uap air atmosfer.

Pertukaran panas ini lebih banyak terjadi di daratan rendah dan pantai. Sehingga semakin jauh dari permukaan tanah, maka suhu udara semakin rendah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement