Iklim adalah Kondisi Cuaca di Atmosfer, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2022, 20:07
Iklim adalah adalah rata-rata cuaca di atmosfer
ANTARA FOTO/FB Anggoro/YU
Ilustrasi Iklim

Perubahan iklim sering dihubungkan dengan aktivitas manusia yang merusak lingkungan. Pengertian iklim adalah rata-rata cuaca di atmosfer dalam waktu tertentu.

Iklim bisa diukur menggunakan variabilitas yang relevan dari variabel tertentu. Contohnya saja temperatur, curah hujan, dan angin. Iklim bisa berubah pada periode waktu tertentu mulai dari bulan, tahun, hingga ratusan tahun.

Iklim bisa terus berubah karena faktor eksternal seperti matahari, erupsi vulkanik, dan aktivitas manusia. Contoh aktivitas manusia yaitu penggunaan lahan dan bahan bakar fosil yang menyumbang efek rumah kaca.

Tetapi efek rumah kaca dapat menjaga suhu bumi tetap stabil. Mengutip dari Menlhk.go.id, konsentrasi gas rumah kaca juga berefek negatif karena meningkatkan lapisan atmosfer. Hal ini membuat panas bumi terperangkap di atmosfer dan terjadi peningkatan suhu bumi.

Pengertian Iklim 

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam jangka waktu lama dan wilayahnya lebih luas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklim adalah suatu kondisi yang dipengaruhi suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari.

Penentuan iklim berdasarkan wilayah menggunakan hitungan 11 sampai 30 tahun. Selain itu setiap wilayah memiliki iklim yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi wilayah.

Selain itu iklim dipengaruhi oleh posisi sinar matahari. Posisi matahari ini dapat mempengaruhi arus laut dan pergerakan udara antar wilayah. Ilmu yang mempelajari iklim adalah klimatologi.

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Meski memiliki kesamaan, ternyata iklim dan cuaca memiliki perbedaan di atmosfer. Berikut perbedaan antara cuaca dan iklim:

1. Waktu

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca yang relatif lebih lama dan wilayahnya luas. Berdasarkan pengaturan internasional, pengamatan iklim dilakukan minimal 30 tahun. Sedangkan iklim cepat berubah dari menit, jam, sampai ke musim.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...