Cara Membuat Perkedel Tahu tanpa Tepung Terigu

Dwi Latifatul Fajri
11 November 2022, 12:54
Cara Membuat Perkedel Tahu
eBuku 99+ Masakan Rumahan
Ilustrasi, perkedel tahu.

Perkedel umumnya menggunakan kentang sebagai bahan utama. Anda bisa mengganti kentang dengan tahu. Tekstur tahu yang lembut mudah dihaluskan menggunakan punggung garpu. Selain tahu, anda bisa menambahkan irisan daun bawang, daging cincang, atau kornet.

Cara membuat perkedel tahu cukup praktis. Supaya adonan tidak hancur gunakan telur sebelum digoreng. Selain itu ada beberapa cara membuat tekstur perkedel tahu tidak mudah hancur dan alot.

Advertisement

Cara agar perkedel tidak alot yaitu memilih tahu untuk dimasak. Pakai tahu putih berukuran besar yang teksturnya lembut. Sebelum dibuat perkedel, simpan tahu di kulkas terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan tahu sutra untuk bahan perkedel.

Mengutip dari maggi.id, supaya adonan tahu tidak mudah pecah yaitu menghancurkan air. Tahu mengandung kadar air banyak, untuk menguranginya peras tahu sampai airnya berkurang. Anda bisa memakai saringan santan untuk mengurangi air dalam tahu.

Cara terakhir yaitu mencampurkan telur dan tepung terigu ke adonan. Telur berfungsi sebagai perekat untuk mengentalkan adonan. Sedangkan tepung terigu supaya tidak mudah hancur. Campurkan tepung terigu ke adonan dengan perbandingan 2 sendok makan untuk 1 tahu putih.

Cara Membuat Perkedel Tahu

Bahan Perkedel Tahu

3 buah tahu kotak 200 gram
1 buah telur ayam
1 batang daun bawang diiris tipis
Garam
Merica bubuk
Kaldu bubuk
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement