Ciri-ciri Orang Bersyukur dan Ragam Manfaatnya

Tifani
Oleh Tifani
10 November 2022, 13:23
ciri-ciri orang bersyukur
Katadata
Ilustrasi, ciri-ciri orang bersyukur.

Tidak semua orang senantiasa merasa berterima kasih atau bersyukur atas apa pun yang ada di dalam hidupnya. Meski terdengar hal yang sepele, bersyukur memiliki dampak yang besar bagi kehidupan manusia.

Dikutip dari laman chanelmuslim.com, Dengan bersyukur hidup akan dijalani lebih bahagia. Karena orang yang bersyukur akan anti dengan yang namanya mengeluh. Berikut ciri-ciri orang bersyukur dan ragam manfaat bersyukur.

1. Anti Mengeluh

Ciri-ciri orang bersyukur yang pertama ialah tak akan pernah menilai buruk hal apa pun. Dia akan mencoba melihat segala sisi kebaikan dalam hidup.

Pasalnya menurut orang yang beryukur, dalam suatu masalah terburuk pun pasti ada kebaikan yang tersirat di dalamnya, baik itu hanya sebuah pesan atau peringatan.

2. Tidak Boros

Ciri-ciri orang bersyukur selanjutnya ialah tidak boros atau mubazir. Orang yang beryukur pandai memanfaatkan apa yang sekarang diberikan kepadanya. Orang yang bersyukur akan menerima apa pun keadaan dirinya dengan tulus dan ikhlas. Ia akan merasa berfoya-foya tidak memiliki manfaat apa pun untuk dirinya.

3. Tidak Malu

Orang yang bersyukur biasanya juga merupakan sosok yang bersabar. Pasalnya, orang yang bersyukur untuk apa pun yang ada di dalam hidupnya pasti senangtiasa sabar untuk menerimanya.

Ciri-ciri orang bersyukur ialah dapat menerima kekuranganya, baik dalam hal fisik, harta, atau dalam hal lainnya, ia akan menerimanya dengan lapang dada.

4. Tidak Pelit

Orang bersyukur biasanya memiliki prinsip bahwa yang dalam rejeki yang dimilikinya, tersimpan rejeki orang lain juga. Maka dari itu, orang yang suka bersyukur juga akan suka berbagi kepada sesama.

Dia tak pernah takut kekurangan saat berbagi. Dia selalu yakin dan percaya bahwa berbagi adalah caranya untuk bersyukur. Serta berbagi adalah caranya untuk tidak tamak pada kenikmatan dunia.

5. Rendah Hati

Ciri-ciri orang bersyukur selanjutnya ialah memiliki sikap sederhana, meski memiliki banyak kelebihan dalam dirinya. Orang yang bersyukur tidak mau bersikap sombong terhadap apa yang dimilikinya.

Ia yakin kalau apa yang ada didalam diri dan hidupnya merupakan titi[in dari Yang Maha Kuasa.

6. Gemar Berterima Kasih

Ciri-ciri orang bersykur selanjutnya ialah gemar mengucapkan terima kasih. Sebab, orang yang bersyukur dalam hidupnya senangtiasa menghargai kehidupan.

Orang yang bersyukur gemar berterima kasih sebagai ungkapan rasa syukur dan menghargai semua kebaikan dari Yang Maha Esa atau kepada sesama makhluk hidup.

7. Pandangan Hidup yang Positif

Ciri-ciri orang beryukur selanjutnya ialah tetap merasa beruntung bahkan saat terkena musibah. Sebab, menurut pandangan orang yang bersyukur dalam suatu kejadian selalu ada kebaikan yang mengiringnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...