8 Cara Menghemat Uang agar Kondisi Finansial Tetap Stabil

Anggi Mardiana
15 November 2022, 20:41
Cara Menghemat Uang
Freepik
Ilustrasi, menghitung keuangan.

Cara menghemat uang memang susah-susah gampang, karena Anda harus mengorbankan keinginan untuk kebutuhan yang lain. Untuk memulainya tidak perlu menunggu waktu yang tepat karena tidak akan pernah muncul, jadi lebih baik mulai dari sekarang.

Untuk memastikan keamanan finansial ke depannya maka perlu membiasakan menghemat uang sejak dini. Terlebih hidup selalu memberikan tantangan baru dan sulit untuk diprediksi apa yang akan terjadi kedepannya.

Cara Menghemat Uang

Ada banyak cara menghemat uang, berikut 8 caranya yang kami lansir dari ramseysolutions.com:

1. Batalkan Langganan Aplikasi Otomatis

Cara menghemat uang pertama ialah dengan membatalkan langganan aplikasi otomatis. Seperti aplikasi nonton film, editing video atau foto berbayar. Anda bisa mulai beralih ke aplikasi gratis yang mana sudah banyak tersedia di Play Store atau App Store.

2. Mengurangi Belanja Bulanan

Mengurangi belanja bulanan bisa jadi cara menghemat uang yang bisa dilakukan selanjutnya. Misalnya mengurangi tagihan ponsel seperti paket data, asuransi telepon dan sejumlah tagihan lainnya.

3. Menggunakan Kupon Ketika Belanja

Coba biasakan berbelanja dengan menggunakan kupon. Dengan begitu, uang belanjaan bisa berkurang. Saat ini banyak tersebar kupon potongan harga di aplikasi digital dengan beragam persentase potongan harga mulai dari 20%.

4. Membeli Bahan Makanan untuk Satu Minggu

Dengan membeli makanan untuk satu minggu, bisa lebih menghemat pengeluaran daripada membeli eceran per hari. Beberapa bahan tersebut bisa Anda olah kembali menjadi beberapa menu berbeda. Agar tidak cepat basi sebaiknya simpan di kulkas.

5. Menghemat Bahan Bakar Kendaraan

Menghemat bahan bakar turut jadi cara menghemat uang yang tidak kalah penting untuk dilakukan di mana harga bahan bakar saat ini semakin naik. Anda bisa mengurangi perjalanan yang tidak penting atau menggunakan transportasi umum yang menawarkan ongkos murah.

6. Kurangi Membuka Aplikasi Marketplace

Ketika membuka aplikasi marketplace, biasanya mudah tergoda untuk membeli sejumlah barang padahal tidak terlalu dibutuhkan. Agar tetap menghemat sebaiknya kurangi membuka aplikasi digital tersebut.

7. Hindari Kedai Kopi

Menghindari kedai kopi perlu dilakukan agar bisa menghemat uang. Makan dan minum di kedai kopi cukup merogoh kocek sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik. Jika ingin berkumpul lebih baik menghabiskan waktu di rumah agar lebih hemat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...