Menkeu: Penerapan ESG di Proyek Infrastruktur Menghemat Uang Negara

Abdul Azis Said
12 November 2022, 13:15
esg, infrastruktur, pembiayaan berkelanjutan
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/aww.
Sejumlah kendaraan melintas di dekat proyek pembangunan infrastruktur jalan penghubung sejumlah kawasan industri di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (9/9/2022).

Pemerintah terus mendorong penerapan environmental, social and governance (ESG) dalam pembangunan infrastruktur di dalam negeri. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut penerapan nilai-nilai berkelanjutan itu memberi daya tarik bagi investor swasta sehingga akan menghemat keuangan negara.

ESG adalah standar praktik bisnis yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan, keberlanjutan sosial, dan tata kelola usaha yang baik. Proyek yang memenuhi prinsip ESG secara alamiah memiliki reputasi yang bagus di mata investor.

Advertisement

"Kalau sudah mendapatkan reputasi dengan memiliki prinsip ESG yang terbukti, maka dia akan banyak bisa menarik pembiayaan secara lebih mudah. Karena investor tidak perlu lagi bertanya mengenai kualitas dari proyek tersebut," kata Sri Mulyani usai peluncuran ESG Framework and Manual di Hotel Movenpick, Jimbaran, Bali, Sabtu (12/11).

Adapun pemerintah biasanya masuk ke dalam proyek-proyek infrastruktur di dalam melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Uang negara akan masuk ke dalam proyek KPBU dengan beragam bentuk, termasuk memberi Fasilitas Penyiapan Proyek (PDF) alias pendampingan awal.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement