Contoh Struktur Organisasi Perusahaan serta Fungsi, dan Manfaatnya
Dalam perusahaan terdapat struktur organisasi melalui jaringan kerja komunikasi. Struktur organisasi ini terdapat jaringan kerja para anggota. Anggota perusahaan menghubungkan individu melalui informasi berdasarkan tingkatan (level) di struktur organisasi.
Mengutip dari Pendidikan Akuntansi, struktur organisasi adalah instrumen para manajer perusahaan untuk koordinasi kegiatan atau operasi. Struktur organisasi ini menentukan tugas yang dibagi berdasarkan wewenang dan tanggung jawab para manajer.
Dalam struktur organisasi terdapat kota-kota dan garis. Kotak ini menggambarkan tanggung jawab (tugas dan wewenang). Sedangkan garis menghubungkan pusat tanggung jawab dan lainnya. Struktur organisasi menggambarkan arus informasi di organisasi.
Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan
1. Pembagian Tim
Mengutip dari ekrut.com, struktur organisasi berfungsi sebagai pembagian tim. Perusahaan dapat membagi karyawan berdasarkan jenis departemen, wilayah, dan proyek. Struktur organisasi ini bermanfaat dalam tugas, tanggung jawab, dan wewenang. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
2. Hierarki Jelas
Struktur organisasi perusahaan memiliki hierarki jelas. Artinya perusahaan memiliki susunan yang runtut dari atas ke bawah. Tingkatan ini untuk membedakan tugas dan wewenang manajer sesuai jabatan.
3. Proses Pengambilan Keputusan
Struktur organisasi yang jelas membantu proses pengambilan keputusan. Karyawan membutuhkan pemangku jabatan untuk pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
4. Pertumbuhan Perusahaan
Struktur organisasi berfungsi mengetahui pertumbuhan perusahaan. Cara ini membantu karyawan mengetahui seberapa besar pertumbuhan perusahaan dan peluang ke depan.
Variasi Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur organisasi perusahaan berguna mengetahui posisi jabatan dan hubungan antara posisi tersebut. Struktur organisasi perusahaan, memungkinkan karyawan mengetahui posisi tentang pekerjaan mereka. Selain itu mereka mengetahui tanggung jawab dan posisi bidang lain di perusahaan.
Terdapat variasi struktur organisasi di perusahaan:
1. Rentang Kendali
Dapat menentukan jumlah karyawan yang dipimpin di manajer dan divisi yang berbeda
2. Ketinggian Organisasi
Menentukan jumlah lapisan dari bawah sampai atas, secara terstruktur
3. Pengambilan Keputusan
Penggunaan posisi lini ini dibentuk untuk mengambil keputusan. Selain itu terdapat posisi staf yang dibentuk untuk mendukung posisi di atasnya
Contoh Struktur Organisasi Perusahaan
Jika dilihat dalam bagan diatas menjelaskan contoh struktur organisasi perusahaan biro iklan. Struktur ini bisa berubah tergantung dari kebutuhan perusahaan atau organisasi. Contoh struktur organisasi perusahaan ini memperlihatkan direksi bertugas mengawasi bidang di bawahnya. Tanda hubung di atas menjelaskan koordinasi antar bidang dengan direksi.
Jika perusahaan berskala lebih kecil, maka struktur organisasi dibagi menjadi beberapa departemen seperti produksi, human resources (HR), dan keuangan. Namun, perusahaan lebih besar lebih menyesuaikan dan kompleks dalam penyusunan organisasi.
Struktur organisasi ini mempengaruhi perkembangan dan pembagian tugas. Setiap pemegang jabatan memiliki tugas dan wewenang yang berbeda. Struktur organisasi ini memudahkan karyawan untuk memahami alur pekerjaan.
Mengutip dari buku Pengantar Bisnis 1, struktur organisasi memastikan akuntabilitas tingkatan manajer. Misalnya Dewan direksi perusahaan bertanggung jawab mengawasi keputusan yang dibuat oleh CEO dan manajer di atasnya.
Selain itu perusahaan memiliki proses pengendalian internal. Hal ini untuk memastikan akuntabilitas yang mengharuskan laporan. Misalnya laporan data keuangan yang akurat, informasi lain untuk mengawasi kinerja karyawan di berbagai divisi.