Visi Adalah Cita-cita dari Organisasi, Inilah Penjelasannya

Visi adalah suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Berikut penjelasan lengkapnya.
Image title
24 Januari 2022, 09:58
visi adalah
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memaparkan visi dan misi saat mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat Capres Putaran Ketiga yang menampilkan hanya kedua Cawapres tersebut bertemakan Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan.

Setiap orang menjalani hidup dengan memiliki visi dan misi. Hal itu dapat menjadi pedoman yang diberikan secara turun temurun oleh orang tua. Meski istilah visi biasaya disertai dengan misi, namun tidak banyak yang tahu arti dari visi tersebut.

Penjelasan Singkat Visi

Visi adalah suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Oleh karenanya dapat dikatakan visi adalah tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. Ia berisi pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri.

Di dalam visi terdapat kumpulan pemikiran yang menjadi gambaran dari masa depan dari organisasi yang ingin dicapai. Ada juga yang berpandangan bahwa visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen lembaga.

Hal ini sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus memiliki arah yang jelas.

Advertisement

Berikut ringkasan dari pengertian visi yang dikutip dari situs pemerintahan Banjarnegarakab.go.id, antara lain:

1. Visi adalah suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang.
2. Visi adalah suatu tulisan dalam bentuk singkat yang di dalamnya ada pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.
3. Visi adalah pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisan tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.

Penjelasan Singkat Misi

Setelah dalam paragraf sebelumnya membahas tentang visi, maka berikutnya adalah ulasan tentang misi. Visi dan misi adalah dua kata yang menjadi frasa yang saling berkaitan.

Oleh karenanya dapat diartikan bahwa misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Di samping itu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat.

Dalam pemaknaan, masyarakat banyak memiliki interpretasi yang cukup beragam. Ada pula yang mengungkapkan bahwa misi merupakan penjabaran dari suatu visi. Apabila visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa misi adalah:

1. Bentuk penjelasan dari visi, baik itu visi lembaga, organisasi, ataupun instansi.
2. Misi adalah bentuk langkah nyata ataupun tahapan yang semuanya harus dilalui oleh lembaga yang bersangkutan untuk dapat mencapai visi yang utama.
3. Misi merupakan langkah-langkah yang perlu diambil untuk bisa merangsang capaian yang tertulis di dalam misi utama.

Pengertian Visi dan Misi

Setelah dijelaskan kata demi kata tentang arti visi dan misi, maka berikutnya adalah penjelasan mengenai visi dan misi secara umum. Dimulai dari visi adalah tujuan utama atau main idea dari didirikannya suatu organisasi atau lembaga dan perusahaan. Intinya, visi menjadi alasan utama dari dibentuknya lembaga tersebut.

Kemudian misi adalah serangkaian hal yang dilakukan untuk mencapai sebuah visi. Kedua istilah tersebut, yaitu antara visi dan misi keduanya saling berkaitan satu sama lain. Dengan tujuan utamanya secara umum adalah untuk memajukan dan mengembangkan lembaga, organisasi, atau perusahaan yang dibangun.

Tata Cara Membuat Visi dan Misi

Dalam proses pembuatan visi serta misi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Adapun, intinya adalah visi dan misi perlu dirumuskan dengan matang tanpa adanya unsur terburu-buru. Harus benar-benar sesuai dengan cita-cita lembaga atau organisasi yang bersangkutan.

Dalam membuat suatu visi dan misi, juga harus dipertimbangkan secara matang untuk apa organisasi tersebut didirikan dan berbagai langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan tersebut.

Alasan Pembuatan Visi dan Misi dalam Organisasi

Berikut adalah alasan mengenai keberadaan dari visi misi yang penting untuk diketahui dan harus adalah dalam organisasi.

1. Demi mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah perkumpulan.
2. Sebagai bentuk dorongan untuk selalu maju dan berkembang.
3. Agar terhindar dari adanya perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya suatu perkumpulan
4. Untuk senantiasa membuat perkumpulan atau lembaga tetap hidup dan berkembang

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait