Visi Adalah Cita-cita dari Organisasi, Inilah Penjelasannya

Image title
24 Januari 2022, 09:58
visi adalah
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memaparkan visi dan misi saat mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat Capres Putaran Ketiga yang menampilkan hanya kedua Cawapres tersebut bertemakan Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan.

Setiap orang menjalani hidup dengan memiliki visi dan misi. Hal itu dapat menjadi pedoman yang diberikan secara turun temurun oleh orang tua. Meski istilah visi biasaya disertai dengan misi, namun tidak banyak yang tahu arti dari visi tersebut.

Penjelasan Singkat Visi

Visi adalah suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Oleh karenanya dapat dikatakan visi adalah tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. Ia berisi pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri.

Di dalam visi terdapat kumpulan pemikiran yang menjadi gambaran dari masa depan dari organisasi yang ingin dicapai. Ada juga yang berpandangan bahwa visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen lembaga.

Hal ini sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus memiliki arah yang jelas.

Berikut ringkasan dari pengertian visi yang dikutip dari situs pemerintahan Banjarnegarakab.go.id, antara lain:

1. Visi adalah suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang.
2. Visi adalah suatu tulisan dalam bentuk singkat yang di dalamnya ada pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.
3. Visi adalah pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisan tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.

Penjelasan Singkat Misi

Setelah dalam paragraf sebelumnya membahas tentang visi, maka berikutnya adalah ulasan tentang misi. Visi dan misi adalah dua kata yang menjadi frasa yang saling berkaitan.

Oleh karenanya dapat diartikan bahwa misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Di samping itu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...