Mengenal Jenis-jenis Pantun dan Contohnya

Destiara Anggita Putri
6 Desember 2022, 14:06
Jenis-jenis Pantun dan Contohnya
Unsplash
Ilustrasi, seseorang menulis pantun.

Pantun merupakan bentuk karya sastra yang cukup populer di Indonesia dan biasanya diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, salah satu jenis puisi yang sudah lama dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara ini biasanya juga digunakan dalam upacara adat. 

Pada dasarnya, pantun  merupakan rangkaian kata-kata indah yang mengandung makna tersirat. Tidak hanya itu, bentuk karya sastra ini juga masih terikat oleh persajakan, pengaturan larik, jumlah kata dalam setiap larik, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin membuat pantun, ada beberapa jenis pantun yang bisa dipilih. Namun sebelum mempelajari hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Berikut pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Pantun

Pantun merupakan salah satu karya memiliki pengertian yang beragam. Dikutip dari  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantun merupakan bentuk dari puisi Indonesia atau Melayu yang setiap bait (kuplet) umumnya terdiri dari empat baris dengan sajak a-b-a-b. Selain itu, setiap larik pada pantun umumnya terdiri atas empat kata dimana baris pertama dan kedua digunakan sebagai sampiran dan baris ketiga dan  keempat sebagai isi.

Menurut R.O. Winstedt, pantun tidaklah sebatas kalimat dengan rima dan irama saja namun juga merupakan sebuah rangkaian  kata yang indah untuk menggambarkan suatu kehangatan cinta, kasih sayang, rindu, dan benci dari penuturnya.

Sementara itu, menurut Herman Waluyo, pantun merupakan jenis puisi melayu asli yang telah lama mengakar di dalam kebudayaan masyarakat. Intinya, pantun merupakan jenis puisi lama yang tiap baitnya terdiri dari empat baris.

Ciri Ciri Pantun

Pantun memiliki sejumlah ciri-ciri yang membedakannya dari karya sastra lain, yakni sebagai berikut:

  • Setiap sajaknya terdiri atas 4 baris. 
  • Baris pertama dan kedua digunakan sebagai sampiran.
  • Baris ketiga dan  keempat digunakan sebagai isi.
  • Setiap bait terdiri dari 8 sampai 12 suku kata.
  • Berbait a-b-a-b atau a-a-a-a.

Unsur Unsur Pantun

Pada umumnya pantun memiliki dua unsur yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Berikut penjelasan masing-masing unsurnya di bawah ini.

1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik adalah unsur yang berasal dari struktur pantun itu sendiri. Unsur ini umumnya terdiri dari tokoh, tema, amanat, setting atau latar tempat dan waktu, plo atau alur, dan lain sebagainya.

Unsur intrinsik memiliki ciri khas yaitu rima yang merupakan kesamaan nada atau bunyi. Rima dalam pantun biasanya memiliki akhiran yang sama sehingga bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi pembaca atau peengarna 

2. Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah  unsur yang berasal dari luar struktur pantun. Bisa dibilang, unsur ini merupakan latar belakang atau keadaan tertentu yang menjadi dasar pembuatan pantun. Oleh karena itulah, nusr ini menjadi unsur yang sangat penting untuk menentukan isi pantun.

Unsur ekstrinsik yang ada di dalam pantun dapat berupa adat, norma dan nilai yang berlaku di masyarakat, serta biografi atau latar belakang pembuat pantun.

Jenis-Jenis Pantun dan Contohnya

Setelah memahami pengertian dan unsur-unsur pantun diatas, kini Anda bisa mempelajari jenis-jenisnya. Berdasarkan isinya, pantun telah terbagi menjadi tujuh jenis. 

Berikan penjelasan masing-masing jenis beserta contohnya

1. Pantun Kiasan

Pantun kiasan adalah jenis pantun yang menggunakan kiasan untuk menyampaikan pesan yang ada di pantun secara tersirat.

Contoh:

Berjalan dalam gelap

Dapatkan ular warna hitam

Berkenalan tanpa menatap

Bagai meraba dalam kelam

2. Pantun Cinta

Pantun cinta umumnya berisi pesan-pesan tentang cinta, romansa, atau perasaan rindu antara dua insan. Pantun ini bisa juga digunakan untuk merayu atau mengungkapkan cinta

Contoh:

Walaupun laut dikayuh

Tapi mengapa terasa rata

Walaupun kamu jauh

Tetapi mengapa aku cinta

3. Pantun Nasehat

Pantun nasehat merupakan jenis pantun yang biasanya berisi pesan moral atau mendidik yang bertujuan untuk menebar kebaikan.

Contoh:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...