5 Rekomendasi Buku Menambah Wawasan

Ghina Aulia
9 Desember 2022, 15:37
Rekomendasi Buku Menambah Wawasan
pexels
Ilustrasi, perpustakaan.

Terdapat satu ungkapan terkenal, yaitu ‘Buku adalah jendela dunia.’ Kalimat tersebut merujuk pada kebiasaan membaca yang membuat kita kaya akan pengetahuan.

Dengan membaca buku, kita dapat mengetahui berbagai hal yang sebelumnya tidak diketahui. Selain itu, kita juga bisa melatih konsentrasi agar lebih fokus.

Sebelum munculnya teknologi komunikasi dan informasi yang lebih canggih, buku bagaikan jawaban dari segala ketidaktahuan manusia. Namun Anda juga harus memperhatikan buku yang dibaca. Terkait dengal han itu, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai beberapa rekomendasi buku menambah wawasan.

1. Bumi Manusia

Rekomendasi buku menambah wawasan kali ini bertajuk ‘Bumi Manusia’ dan merupakan karya penulis Ananta Toer. Rilis pada tahun 2015, buku ini sempat naik tayang di bioskop dan menggaet satu juta penonton. Tentu saja film tersebut tak lepas dari cikal penulisan Bumi Manusia yang bercerita tentang kehidupan Minke, siswa sekolah yang satu-satunya keturunan pribumi. Sementara itu, semua rekannya adalah orang Belanda.

Bumi Manusia juga menyorot tentang kehidupan percintaan antara Minke dan Annelies, yaitu putri dari Herman Mellema dan Nyai Ontosoroh. Meski cukup pelik, Minke dan Annelies akhirnya menikah. Tak hanya itu, buku ini juga banyak mengulas tentang dinding kehidupan antara masyarakat pribumi dan Belanda ketika di era kolonialisme. Khususnya di bidang keilmuan dan sosial.

2. Madilog

Mampu menambah wawasan, Madilog merupakan salah satu buku populer yang ditulis oleh seniman Tan Malaka. Mengutip dari situs Gramedia, buku ini ditulis pada 15 Juli 1942 hingga 30 Maret 1943.

Diketahui bahwa Tan Malaka membuat Madilog ketika pemerintah Jepang mengalahkan musuh dengan kejam. Zaman itu juga dijelaskan bahwa pihak koloni kerap kehilangan kesabaran terhadap pekerja pribumi. Meski sudah cukup lawas, penerbit masih aktif memproduksi Madilog dengan tampilan yang tetap baru dan rapi.

Madilog banyak mengkaji tentang premis dasar mengenai keyakinan Tan Malaka mengenai kekuatan proletariat Indonesia untuk menaklukkan dam membentuk kemerdekaan.

Selain itu, buku ini juga memuat tentang hambatan yang membuat semuanya terasa sulit. Mengingat saat itu masyarakat masih akrab dengan berbagai takhayul dan kepercayaan tertentu. Sementara itu, Madilog merupakan gabungan dari kata Materi, Dialektika, dan logika.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...