Menilik 6 Cara Mencari Judul Skripsi

Destiara Anggita Putri
19 Desember 2022, 10:00
Cara Mencari Judul Skripsi
Freepik
Ilustrasi, seorang mahasiswa menyusun skripsi.

Bila Anda seorang mahasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan skripsi. Di Indonesia, mahasiswa semester akhir biasanya akan diberikan tugas akhir untuk menulis skripsi sebagai syarat kelulusan. Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.

Tidak hanya sebagai tugas akhir, pembuatan skripsi diharapkan dapat menunjukkan kemampuan seseorang berpikir secara logis dalam menjelaskan serta menyelesaikan suatu permasalahan. Selain itu, mahasiswa bisa menuliskan hasil pikirannya ke dalam bentuk laporan yang tersusun dan sistematis.

Sebelum menyusun skripsi, mahasiswa perlu menentukan judul yang sesuai dengan topik, tema atau masalah yang akan diteliti. Hal ini merupakan langkah yang krusial agar proses penulisan skripsi dapat berjalan lebih mudah ke depannya.

Bila Anda masih bingung terkait dengan pemilihan judul skripsi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari judul skripsi. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis Skripsi

Skripsi terbagi menjadi dua jenis berdasarkan  metode penelitian yaitu skripsi kuantitatif dan kualitatif. Berikut pembahasan masing-masing jenis di bawah ini. 

1. Skripsi Kuantitatif

Skripsi kuantitatif adalah jenis skripsi dimana metode pengumpulan data dan penelitiannya menggunakan kuesioner atau survei yang diberikan kepada subjek penelitian. Setelah itu, peneliti akan melakukan pengolahan data menggunakan perangkat lunak seperti SPSS, MatLab, dan lain sebagainya untuk mendapatkan kesimpulan

2. Skripsi Kualitatif

Skripsi kualitatif adalah jenis skripsi dimana metode pengambilan dan penelitiannya menggunakan metode wawancara dan observasi lapangan secara mendalam. Jenis skripsi ini biasanya membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama karena memerlukan analisis secara mendalam dan detail agar hasil yang diperoleh akurat. 

Unsur-unsur Skripsi

Skripsi memiliki tiga unsur utama yaitu bagian awal, inti, dan akhir. Namun hal ini bisa jadi berbeda tergantung aturan dan kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Berikut ini pembahasannya.

1. Bagian Awal Skripsi

Bagian ini terdiri dari

  • Sampul luar
  • Sampul dalam
  • Persetujuan Pembimbing
  • Pengesahan Tim Penguji
  • Kata Pengantar
  • Daftar isi
  • Daftar Tabel
  • Daftar gambar
  • Daftar lampiran 

2. Bagian Inti Skripsi

Pada umumnya, bagian inti skripsi terdiri dari 6 bab yaitu

  • Pendahuluan

Bab ini umumnya berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis penelitian, ruang lingkup penelitian dan sistematika penulisan.

  • Kajian Pustaka

Bab ini memuat gagasan teori tentang objek yang dianalisis. Teori ini harus sesuai dengan permasalahan yang diangkat dan dianggap paling mewakili perkembangan ilmu pengetahuan yang bersangkutan

  • Metode Penelitian

Bab ini berisi pola penelitian, sumber dan jenis data, populasi dan sampel penelitian, sumber dan jenis data, metode dan instrumen pengumpulan data, dan metode analisis data.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement