Mengintip Profil Singkat 10 Negara Anggota ASEAN

Anggi Mardiana
11 Januari 2023, 21:39
Negara Anggota ASEAN
Bola.com
Ilustrasi, negara-negara anggota ASEAN

Negara anggota ASEAN terdiri dari 10 negara, salah satunya Indonesia ASEAN merupakan kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations, dikenal sebagai perhimpunan bangsa-bangsa di wilayah Asia Tenggara.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Phnom Penh, Kamboja pada tanggal 11 November 2022, Timor Leste dikabarkan akan segera bergabung sebagai anggota ASEAN. Dalam pernyataan itu, anggota ASEAN sepakat untuk memberikan status pengamat (observer) kepada Timor Leste dan akan mendapatkan hak untuk menghadiri pertemuan ASEAN hingga sesi KTT.

Pada saat ini ASEAN tengah menyusun peta jalan berupa kriteria yang harus dicapai Timor Leste sebelum mendapat status keanggotaan penuh. Para anggota ASEAN akan memberikan dukungan penuh kepada Timor Leste melalui asistensi dan dukungan lainnya.

Peran ASEAN secara Internal dan Eksternal

Sejarah ASEAN Sebagai Persatuan Regional
Peran ASEAN secara Internal dan Eksternal (asean.org)

Perkembangan ASEAN hingga saat ini telah menunjukan peningkatan peran yang cukup besar baik di kawasan maupun luar kawasan. Pencapaian utama ASEAN ialah pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di kawasan selama lebih dari 4 dekade.

Peran dan keberhasilan ASEAN harus terus ditingkatkan, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal telah diberlakukan Piagam ASEAN dan percepatan pencapaian masyarakat ASEAN pada tahun 2015.

Sementara itu, secara eksternal telah dilakukan kerja sama dengan mitra wicara dalam berbagai isu dan program serta kegiatan dalam berbagai bidang. Hal ini telah mengubah Asia Tenggara jadi salah satu kawasan yang cukup dinamis di dunia.

Atas dasar beragam perkembangan yang terjadi, ASEAN bisa melangkah lebih maju dan luas dalam memainkan peran nyata pada masyarakat bangsa-bangsa di tingkat global. Hal ini bisa dicapai melalui kontribusi ASEAN dalam menyelesaikan permasalahan di tingkat regional hingga global.

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Negara Anggota ASEAN
Negara Anggota ASEAN (Rpp-silabus.com)

Negara anggota ASEAN terdiri dari 10 negara namun dikabarkan akan bertambah 1 negara yaitu Timor Leste, berikut daftar negara ASEAN di antaranya:

1. Kamboja

Kamboja merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang kepala pemerintahannya seorang Perdana Menteri. Ibu kota negara Kamboja berkedudukan di Phnom Penh. Hari kemerdekaan Kamboja dirayakan setiap tanggal 9 November dan mata uangnya adalah Riel (KHR).

2. Laos

Laos merupakan anggota ASEAN dengan luas wilayah 237.955 km persegi dan satu-satunya negara yang tidak memiliki laut. Kepala negara Laos merupakan seorang Presiden dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...