Menilik 28 Quotes Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan

Annisa Fianni Sisma
2 Mei 2023, 13:49
Quotes Ki Hajar Dewantara
Gramedia.com
Ilustrasi, Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Indonesia.

Hari pendidikan nasional diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Berkaitan dengan itu, menarik memahami makna quotes Ki Hajar Dewantara selaku bapak pendidikan Indonesia.

Ki Hajar Dewantara merupakan sosok kelahiran 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai bapak pendidikan Indonesia karena memperjuangkan hak masyarakat Indonesia khususnya di bidang pendidikan.

Sosoknya yang inspiratif juga meninggalkan pesan-pesan untuk generasi masa depan. Untuk itu, berikut ini beberapa quotes Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan yang dapat dimaknai.

Quotes Ki Hajar Dewantara

Quotes Ki Hajar Dewantara
Quotes Ki Hajar Dewantara (Pexels)

Terdapat sederet quotes Ki Hajar Dewantara yang menyampaikan pentingnya pendidikan. Hal ini haruslah menjadi semangat bagi bangsa Indonesia untuk menempuh pendidikan. Berikut sederet quotes Ki Hajar Dewantara tersebut.

1. “Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.” - Ki Hajar Dewantara.
2. "Among System kita yaitu: menyokong kodrat alamnya anak-anak yang kita didik, agar dapat mengembangkan hidupnya lahir dan batin menurut kodratnya sendiri-sendiri." - Ki Hajar Dewantara.
3. "Dengan budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya." - Ki Hajar Dewantara.
4. "Dengan ilmu kita menuju kemuliaan." - Ki Hajar Dewantara.
5. "Di dalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda." - Ki Hajar Dewantara.
6. "Di mana ada kemerdekaan di situ harus ada disiplin yang kuat. Sungguh disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka." - Ki Hajar Dewantara.
7. "Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama." - Ki Hajar Dewantara.
8. "Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)." - Ki Hajar Dewantara.
9. "Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir." - Ki Hajar Dewantara.
10. "Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan." - Ki Hajar Dewantara.

Quotes Ki Hajar Dewantara
Quotes Ki Hajar Dewantara (Pexels)

11. “Ada satu kebebasan yang lebih tinggi daripada kebebasan politik, yaitu kebebasan untuk memilih cara hidup sendiri, kebebasan untuk memilih cara hidup yang dibenarkan oleh hati nurani dan kebijaksanaan.” - Ki Hajar Dewantara.
12. “Anak-anak tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu” - Ki Hajar Dewantara.
13. “Dunia pendidikan tak lepas dari para pengajar alias guru, para pejuang tulus tanpa tanda jasa yang mencerdaskan kehidupan bangsa.” - Ki Hajar Dewantara.
14. “Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa.” - Ki Hajar Dewantara.
15. “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.” (Di depan memberi contoh, di tengah membangun semangat, di belakang memberi dorongan)
16. “Jika ingin mengubah dunia, mulailah dengan mengubah diri sendiri.” - Ki Hajar Dewantara.
17. “Melalui ngerti, ngrasa, lan nglakoni (menyadari, menginsyafi, dan melakukan), budi pekerti yang dibentuk untuk merdeka dan mandiri akan hadir adab.” - Ki Hajar Dewantara.
18. “Membaca adalah jendela dunia. Tetapi tidak hanya itu, membaca juga adalah sebuah kunci yang dapat membuka pintu-pintu rahasia ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.” - Ki Hajar Dewantara.
19. “Mempunyai ketetapan, tidak tergoyahkan, berisi dengan berilmu pengetahuan, hingga yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa apa yang dilakukannya adalah benar dan baik.” - Ki Hajar Dewantara.
20. “Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap.” - Ki Hajar Dewantara.

Quotes Ki Hajar Dewantara
Quotes Ki Hajar Dewantara (Pexels)

21. “Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup. Pendidikan itu sendiri adalah kehidupan.” - Ki Hajar Dewantara.
22. “Pendidikan sejati adalah pendidikan yang mengajarkan kita untuk hidup bersama, untuk saling menghargai, untuk saling membantu, untuk saling mencintai.” - Ki Hajar Dewantara.
23. “Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun.” - Ki Hajar Dewantara.
24. “Seorang pemimpin sejati adalah pemimpin yang mampu memimpin dengan hati dan berpijak pada moralitas yang benar.” - Ki Hajar Dewantara.
25. “Sesungguhnya, hidup itu ibarat sebuah buku. Siapa yang tidak pernah belajar, sama saja dengan buku yang tidak pernah dibaca.” - Ki Hajar Dewantara.
26. “Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.” - Ki Hajar Dewantara.
27. “Tak ada orang yang lahir sebagai musuh. Hanya ketidaktahuan dan ketidak-pahaman yang menciptakan permusuhan.” - Ki Hajar Dewantara.
28. “Tidak ada anak yang bodoh. Yang ada hanya guru yang tidak tahu cara mengajar.” - Ki Hajar Dewantara.

Itulah puluhan quotes Ki Hajar Dewantara yang dapat menjadi inspirasi bagi anak muda dalam menempuh pendidikan. Quotes Ki Hajar Dewantara tersebut juga dapat dikutip dalam pidato Hari Pendidikan Nasional dan lain sebagainya.

Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...