Memahami Ragam Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah dan Praktis

Pemerintah menekan jumlah perangkat telekomunikasi ilegal dengan adanya pendaftaran IMEI. Berikut cara cek IMEI iPhone, cara pendaftaran IMEI, cek validitas, dan cek hak pengguna Apple selengkapnya.
Annisa Fianni Sisma
13 September 2022, 17:38
cara cek IMEI iPhone
Apple
Ilustrasi, iPhone 14, smartphone terbaru keluaran Apple.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan kode unik yang terdiri dari 15 digit untuk mengidentifikasi perangkat. Kode unik ini dapat menjadi identitas perangkat pengguna.

Sejak 18 April 2020, pemerintah Indonesia berupaya menekan jumlah perangkat telekomunikasi ilegal dengan IMEI. Oleh karena itu, registrasi IMEI diwajibkan untuk semua perangkat.

Registrasi IMEI sangat diperlukan, agar perangkat telekomunikasi seperti komputer genggam, tablet, handphone atau smartphone yang diperoleh dari luar daerah pabean dapat menggunakan SIM card keluaran perusahaan telekomunikasi dalam negeri.

Untuk mengecek IMEI, caranya dapat dilakukan dengan mengunjungi situs imei.kemenperin.go.id. Dari situs ini, akan terlihat apakah ponsel yang kita gunakan memiliki IMEI ilegal atau tidak. IMEI ilegal sendiri, merupakan IMEI yang tidak sesuai dengan format standar, misalnya angka kosong atau memiliki nomor digit yang sama.

Advertisement

Ulasan kali ini, akan membahas mengenai cara cek IMEI iPhone, yang merupakan salah satu smartphone terpopuler di Indonesia.

Cara Cek IMEI iPhone

Terdapat berbagai cara cek IMEI iPhone. Pengguna dapat menemukan kode IMEI di pengaturan, perangkat fisik, iTunes, dan kemasan asli. Berikut cara cek IMEI iPhone selengkapnya.

1. Cek IMEI iPhone Di Pengaturan

Pengguna dapat melakukan pengecekan kode IMEI iPhone di ‘Setting’ atau ‘Perangkat’. Pengguna cukup membuka ‘Setting’ kemudian klik ‘General’ lalu klik ‘About’ dan lihat ‘Serial Number’ maka akan terlihat kode IMEI.

2. Cek IMEI iPhone di Bagian Belakang Perangkat

Pada bagian belakang perangkat iPhone, terlihat tulisan kecil di bagian bawah. Namun pada iPhone seri 10 keatas tidak lagi tertulis kode IMEI di bagian belakang perangkatnya.

3. Cek IMEI iPhone di Kardus Kemasan

Cara cek IMEI iPhone selanjutnya yakni di kardus atau boks smartphone Anda. Oleh karena itu, jangan buang kardus iPhone setelah membeli.

4. Cek IMEI iPhone di Slot SIM Card

Kode IMEI dapat dilihat di slot SIM Card pada iPhone 6 ke atas. Pengguna cukup menarik SIM Card dengan SIM Card ejector dan kode IMEI akan terlihat di bagian atas tempat SIM Card.

5. Cek IMEI iPhone dengan Panggilan

Saat iPhone dalam keadaan menyala, pengguna dapat mengetahui IMEI dengan menghubungi *#06# dan sesaat kemudian nomor IMEI akan muncul. Pastikan kode IMEI sama dengan kode IMEI di belakang perangkat, kardus, dan setting.

6. Cek IMEI iPhone dengan iTunes

Cara cek IMEI iPhone yang lainnya yakni dengan iTunes. Pengguna cukup menyambungkan iPhone ke PC, buka iTunes, pilih jaringan perangkat iPhone yang tersambung, klik pada tabel ‘Ringkasan’ atau ‘Summary’ untuk mengakses informasi iPhone. Kemudian klik dua kali pada nomor telepon, nama perangkat, dan model perangkat. Nomor IMEI pun muncul.

Cek Identitas dan Hak Pengguna iPhone Melalui IMEI

Apple juga menyediakan laman untuk mengecek status dan kelayakan garansi Apple pengguna. Cukup kunjungi laman checkcoverage.apple.com dan di laman tersebut akan muncul sebuah kolom. Tulis nomor IMEI dan tulis kode kemudian klik ‘Continue’.

Pada laman tersebut akan muncul nomor seri dan identitas iPhone pengguna. Dengan menggunakan layanan ini, Apple dapat mendeteksi tanggal pembelian yang valid dan Apple mampu memberikan bantuan yang diperlukan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui status telephone technical support yang sudah berakhir atau masih aktif. Pengguna juga dapat mengetahui status repair and service protection masih berlaku atau sudah tidak aktif.

Cara Cek Validitas IMEI iPhone dan Perangkat Non-Apple Lainnya

Berikutnya, terdapat cara untuk mengecek status IMEI apakah terdaftar atau tidak. Terdapat dua laman yang menyediakan layanan pengecekan yakni dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Bea Cukai.

Bea Cukai Republik Indonesia menyediakan laman untuk mengecek validitas IMEI iPhone. Cara pengecekannya cukup mudah, yakni dengan mengunjungi laman beacukai.go.id/cek-imei.html. Kemudian masukkan 15 digit nomor IMEI dan isi key code yang tertera pada bawah kolom IMEI. Selanjutnya klik ‘send’ maka status IMEI akan muncul di bagian bawah.

Selanjutnya, Kementerian Perindustrian menyediakan laman untuk mengecek status IMEI pengguna terdaftar atau tidak. Pengguna cukup mengunjungi laman imei.kemenperin.go.id dan akan muncul kolom yang kemudian perlu diisi nomor IMEI. Selanjutnya, pengguna cukup klik ‘Search’ dan tunggu beberapa saat. Hasil pencarian status IMEI akan muncul. Jika tidak terdaftar maka IMEI akan memberikan keterangan ‘IMEI tidak terdaftar’ dan sebaliknya.

Demikian 6 cara cek IMEI iPhone yang tersedia dengan berbagai cara, cek validitas IMEI dan terdaftar atau tidaknya IMEI di Indonesia serta cara cek hak pengguna iPhone.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait