Mencermati Penyebab dan Tujuan Jurnal Rekonsiliasi Bank

Dwi Latifatul Fajri
28 November 2022, 22:30
Jurnal Rekonsiliasi Bank
Freepik
Ilustrasi, laporan keuangan.

Perusahaan membutuhkan catatan laporan keuangan. Seringkali terdapat permasalahan mengenai catatan laporan keuangan. Misalnya kesalahan pencatatan nominal dari akuntan. Jika terjadi kesalahan dalam laporan membutuhkan rekonsiliasi bank.

Manfaat rekonsiliasi bank, adalah untuk meminimalisir perbedaan saldo yang dicatat, sehingga perusahaan menemukan solusi untuk menyelesaikan perbedaan antara saldo catatan di perusahaan dengan saldo di catatan rekening bank.

Mengutip dari gramedia.com, jurnal rekonsiliasi bank adalah catatan informasi keuangan kas perusahaan dan bank. Rekonsiliasi bank membantu menemukan perbedaan kas di perusahaan dengan catatan di bank.

Pengertian lain rekonsiliasi bank yaitu proses verifikasi penyesuaian data. Pihak bank umumnya mengirimkan laporan rekening koran dari berbagai informasi transaksi. Laporan transaksi ini menjadi bukti untuk nasabah atau bank dalam periode tertentu. Bukti ini dapat meminimalisir kekeliruan antara kedua belah pihak.

Tujuan Jurnal Rekonsiliasi Bank

  1. Mengecek ketelitian setiap pencatatan yang ada dalam rekening kas perusahaan dan catatan bank
  2. Mengetahui nominal penerimaan dan pengeluaran
  3. Perusahaan dapat mengetahui informasi keuangan yang belum dicatat di data keuangan bank
  4. Catatan laporan bank dan perusahaan lebih rapi dan akurat sesuai periode
  5. Menjadi pusat kontrol penerimaan atau pembayaran suatu perusahaan
  6. Mengetahui pembayaran dalam bentuk tunai atau non tunai

Penyebab Rekonsiliasi Bank

Ada beberapa penyebab rekonsiliasi bank yang perlu diketahui yaitu setoran dalam proses, cek beredar, dan cek kosong. Berikut penjelasannya:

1. Cek Kosong

Pengertian cek kosong yaitu cek yang tidak diterima oleh pihak bank. Penyebabnya karena dana dalam rekening perusahaan tidak mencukupi. Cek kosong dipakai oleh bank untuk mengeluarkan nota debit. Sehingga jumlah ketidakjujuran dan saldo di rekening akan dikurangi. Perusahaan perlu membayar biaya untuk proses pengeluaran cek kosong.

2. Cek Beredar

Mengutip dari jurnal.id, cek beredar merupakan cek yang sudah dicatat perusahaan tetapi belum cair. Jika cek beredar tidak diproses maka catatn perusahaan tidak akan muncul di laporan bank.

3. Setoran dalam Proses

Setoran dalam proses merupakan cek yang sudah diterima dan dicatat perusahaan. Tetapi setoran dalam proses belum dicatat dalam bank tempat menyimpan dana perusahaan. Setoran dalam proses ini terjadi karena perusahaan belum mengirim deposit atau terjadi penundaan. Hal ini menyebabkan data terlambat masuk ke bank dan tidak dimasukkan dalam catatan di hari tersebut.

4. Pendapatan dan Beban

Penyebab terjadinya rekonsiliasi bank karena biaya pelayanan atau biaya penulisan cek. Pendapatan bunga bank ini belum dicatat oleh perusahaan dan masuk ke dalam beban bank.

5. Kesalahan Catatan

Faktor utama rekonsiliasi bank yaitu kesalahan pencatatan yang dibuat oleh pihak bank atau perusahaan. Kesalahan pencatatan ini terjadi karena penanggung jawab menulis perbedaan nominal uang.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait