Mencermati Contoh Kingdom Monera Berdasarkan Klasifikasinya

Berdasarkan klasifikasinya, contoh kingdom monera cukup beragam. Ada kelompok archaebacteria dan eubacteria yang dipecah lagi jadi beberapa kelompok.
Image title
18 Januari 2023, 16:21
Contoh Kingdom Monera
Freepik
Ilustrasi, bakteri.

Contoh kingdom monera bisa dilihat berdasarkan klasifikasinya. Monera dikenal sebagai salah satu klasifikasi biologi 5 kingdom. Sesuai dengan namanya dari bahasa Yunani yaitu “moneres” yang berarti tunggal, artinya kingdom monera dikenal sebagai organisme bersel satu.

Sebagai organisme prokariotik, kingdom monera memiliki contoh beragam. Monera termasuk organisme tertua yang ada di dunia. Contoh kingdom monera atau yang termasuk organisme ini yaitu alga biru dan bakteri.

Contoh Kingdom Monera Berdasarkan Klasifikasinya

Contoh Kingdom Monera Berdasarkan Klasifikasinya
Contoh Kingdom Monera Berdasarkan Klasifikasinya (Siswapedia.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan klasifikasinya, berikut contoh kingdom monera:

1. Archaebacteria

Archabacteria termasuk ke dalam bakteri purba yang memiliki karakteristik berbeda dengan anggota monera lainnya. Kelompok archabacteria bisa ditemukan pada tempat ekstrim, berikut organisme yang termasuk archaebacteria:

• Methanogen

Contoh kelompok organisme archabacteria yaitu methanogen yang memiliki gas metana (CH4) sebagai salah satu kelompok organisme anaerob obligat. Hal tersebut tidak bisa mentolerir oksigen bahkan respirasi berlangsung secara anaerob.

Untuk menemukan jenis bakteri ini bisa ditemukan di lapisan rawa paling bawah. Bakteri methanogen bisa ditemukan di lapisan rawa paling bawah. Manfaat bakteri methanogen juga bisa untuk mengubah kotoran hewan jadi biogas.

• Halofil Ekstrim

Halofil ekstrim termasuk contoh kingdom monera pada klasifikasi archabacteria. Sebagian besar merupakan mikroorganisme aerob dan heterotrof. Meski beberapa sifatnya anaerob dan fotosintetik dengan pigmen pada bacteriorhodopsin hidup pada lingkungan yang memiliki konsentrasi garam tinggi.

Lingkungan ini memiliki 10x salinitas air laut seperti halnya di laut mati dan dan Great Salt (USA). Selain itu, pada makanan yang diasinkan, jenis organisme ini menggunakan garam untuk pembentukan ATP.

• Termofil Ekstrim

Umumnya kelompok termofil ekstrim bisa ditemukan pada suhu ekstrim antara 60-105 derajat celcius. Untuk menemukannya ada pada sumber mata air panas atau pada kawah yang berada di gunung berapi.

Energi yang diperoleh oleh bakteri ini adalah kemosintesis dari senyawa sulfur. Bakteri termofili bisa mengoksidasi sulfurnya seperti halnya sulfolobus yang hidup di mata air sulfur. Bahkan spesies lainnya bisa hidup dekat rekahan dasar laut yang kedalaman suhunya bisa mencapai 159 derajat celcius (0C).

2. Eubacteria

Ilustrasi Eubacteria
Ilustrasi Eubacteria (Siswapedia.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Eubacteria adalah kelompok bakteri yang memiliki sifat kaku dan dinding peptidoglikan. Bakteri ini bertanggung jawab untuk menjaga integritas sel dan menentukan bentuk suatu bakteri. Melansir dari Gramedia.com, contoh kingdom monera eubacteria yaitu sebagai berikut:

• Berdasarkan Cara Mendapatkan Makanan

Berdasarkan cara mendapatkan makanan, ada bakteri heterotrof yaitu tidak bisa menghasilkan makanan sendiri seperti parasit dan saprofit. Parasit mengambil dari organisme yang masih hidup contohnya Escherichia coli. Adapun saprofit yang mengambil nutrisi dari organisme yang sudah mati, contohnya Mycobacterium tuberculosis.

Selain bakteri heterotrof, ada juga bakteri autotrof yang bisa menyusun makanan sendiri. Bakteri autotrof terdiri dari fotoautotrof yang menggunakan sumber energi cahaya, contohnya bakteri hijau dan ungu, Sementara itu, kemoautotrof menggunakan energi kimia, contohnya Nitrosomonos, Nitrobacter dan Nitrosococcus.

• Berdasarkan Kebutuhan Oksigen

Berdasarkan kebutuhan oksigen, eubacteria dibedakan menjadi bakteri aerob dan anaerob. Bakteri aerob membutuhkan oksigen bebas, contohnya Nitrosomonas dan Mycobacterium tuberculosis. Adapun bakteri anaerob tidak membutuhkan oksigen bebas, contohnya Clostridium tetani dan bakteri denitrifikasi.

• Berdasarkan Letac Flagela

Berdasarkan letak flagelanya, bakteri eubacteria dibedakan sebagai berikut:
1. Atrik yaitu bakteri yang tidak memiliki flagela
2. Monotrik yaitu bakteri yang memiliki flagela dan melekat di salah satu ujung selnya
3. Lofotrik melekat pada salah satu ujung sel dan memiliki banyak flagela
4. Amfitrik merupakan bakteri yang memiliki satu flagela dan masing-masing melekat di kedua ujung sel
5. Peritrik merupakan bakteri yang memiliki flagela dan tersebar pada seluruh permukaan sel

• Berdasarkan Bentuk

Contoh kingdom monera yang termasuk kelompok eubacteria berdasarkan bentuk dibedakan lagi menjadi beberapa hal berikut:

1. Basil (Batang)

Bakteri yang memiliki bentuk batang dibedakan jadi monobasil, diplobasil dan streptobasil. Monobasil yaitu bakteri yang memiliki batang tunggal contohnya Escherichia coli dan Lactobacillus casei. Sedangkan diplobasil atau bakteri yang memiliki batang berkelompok dua contohnya Salmonella typhosa. Adapun streptobasil atau rantai batang contohnya Azotobacter dan Bacillus anthracis.

2. Kokus (Bola)

Kelompok eubacteria berbentuk bola dibedakan menjadi monokokus, streptokokus, stafilokokus dan diplo-kokus. Bakteri monokus (tunggal) contohnya Micrococcus luteus, Diplokokus (bola berkelompok dua) contohnya Duplococcus pneumoniae (penyebab penyakit radang paru-paru).

Selanjutnya ada bakteri Streptokokus (bentuk rantai), contohnya Streptokokus thermophilus yang bermanfaat untuk membuat yoghurt. Sementara itu, stafilokokus yang bergerombol seperti anggur contohnya Staphylococcus aureus dan Sarkina (bentuk kubus), contohnya Sarcina lutea.

3. Spirilum

Spiral berbentuk seperti huruf S, bakteri ini dibedakan jadi koma dan spirokaeta. Contoh kingdom monera koma yaitu Vibrio cholerae (penyebab penyakit kolera). Spirokaeta (spiral dan berekor) contohnya Spirochaeta pallida atau Treponema pallidum (penyebab penyakit sifilis atau raja singa).

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait