Mencermati Cara Jawab Pertanyaan HRD Saat Interview Kerja

Anggi Mardiana
28 Agustus 2023, 10:45
Cara Jawab Pertanyaan HRD
Katadata
Ilustrasi, interview kerja.

Lolos ke tahap interview, pelamar kerja perlu mempersiapkan diri dengan memahami cara jawab pertanyaan HRD agar lebih percaya diri. Anda bisa mulai menyiapkan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh HRD.

Interview kerja merupakan tahapan dalam proses melamar pekerjaan yang penting disiapkan. Anda sebagai pelamar kerja, harus bisa mempromosikan diri kepada pihak perekrut, bahwa Anda merupakan kandidat yang tepat.

Berikut ini cara jawab pertanyaan HRD saat interview kerja, agar tidak bingung saat menjalani sesi wawancara.

Tujuan Interview Kerja Bagi Perusahaan

10 Contoh Pertanyaan untuk Wawancara Kerja
Ilustrasi, interview kerja (Unsplash)

Interview kerja merupakan metode penting dalam proses rekrutmen karyawan. Ada beberapa tujuan interview kerja bagi perusahaan, berikut di antaranya:

  • Melihat kecocokkan antara karakter pelamar kerja dengan persyaratan jabatan.
  • Mengetahui lebih jauh mengenai kepribadian pelamar kerja.
  • Memperoleh informasi yang diperlukan bagi perusahaan dan jabatan.
  • Membantu pihak perusahaan melakukan identifikasi kandidat yang layak untuk diberikan penawaran kerja.

Cara Jawab Pertanyaan HRD

Ilustrasi, HRD
Ilustrasi, interview kerja (Katadata)

Agar bisa menjawab pertanyaan HRD saat proses interview kerja, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan:

1. Coba Ceritakan Bagaimana Diri Anda

Menceritakan tentang diri merupakan pertanyaan awal yang sering ditanyakan oleh HRD perusahaan. Hal ini bisa jadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menjelaskan informasi tentang siapa Anda dan mengapa cocok mengisi posisi tersebut.

Cara jawab pertanyaan HRD perkenalan diri bisa dimulai dengan nama, background pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya atau menambahkan informasi magang, organisasi dan volunter. Anda bisa menjelaskan kemampuan yang dimiliki dan sesuai posisi tersebut. Tidak perlu memberikan informasi pribadi terlalu detail seperti tanggal lahir atau berat badan.

2. Menjelaskan Darimana Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja

Alasan HRD menanyakan bagaimana pelamar kerja mendapat informasi lowongan untuk mengetahui cara Anda membangun koneksi dan melihat ketertarikan terhadap perusahaan. Jawablah pertanyaan dengan jujur. Misalnya mendapat informasi dari teman yang bekerja di perusahaan tersebut untuk menunjukkan kemampuan membangun networking.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...