Pemerintah Melihat Warga Kurang Disiplin untuk Jaga Jarak saat CFD

Dimas Jarot Bayu
21 Juni 2020, 16:57
Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD). Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 menilai, kesadaran masyarakat untuk menjaga jarak masih kurang.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD). Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 menilai, kesadaran masyarakat untuk menjaga jarak masih kurang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau Covid-19 Achmad Yurianto menilai, tingkat kedisiplinan masyarakat masih tergolong rendah dalam menghadapi pandemi corona.

Hal ini ia ungkapkan dari hasil pemantauannya terhadap penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) yang digelar di Jakarta, Minggu (21/6).

Dari pemantauannya, ia menilai masih banyak masyarakat yang belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik ketika berolahraga saat CFD. Sebab, ia masih melihat ada kerumunan ketika CFD berlangsung, padahal hal ini berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19.

"Masih kami lihat beberapa masyarakat lupa bahwa physical distancing penting," ujar Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (21/6).

Tak hanya di CFD Jakarta, Yurianto menilai penerapan jaga jarak juga masih belum teratur di beberapa bandara yang akan melaksanakan penerbangan ke Pulau Jawa pada hari ini. Yurianto mencontohkan hal tersebut terlihat di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

Menurutnya, meski sebagian besar masyarakat sudah menggunakan masker, namun banyak yang belum tertib menjaga physical distancing di bandara.

Berbagai persoalan tersebut, ia katakan, akan menjadi dasar evaluasi bagi pemerintah. Sebab, penjagaan jarak menjadi hal yang penting dalam pencegahan penyebaran virus corona. Apalagi, pemerintah ingin menerapkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi corona.

(Baca: Ada Tambahan 862 Kasus, Total Positif Covid-19 RI Capai 45.891 Orang)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...