7 Daftar Lukisan Termahal di Dunia

Image title
Oleh Agung
8 Maret 2022, 13:41
Lukisan Termahal di Dunia
wealthygorilla.com
Lukisan Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit

Lukisan termasuk karya seni yang memiliki nilai. Sebagian karya seni terkenal di dunia berada di museum atau koleksi pribadi. Harga satu lukisan bisa bervariasi yang dijual ke kolektor.

Lukisan termasuk karya seni yang dibeli kebanyakan orang. Kolektor lukisan lebih menyukai lukisan karya maestro ternama. Semakin terkenal sang maestro maka harga lukisan yang dibuat semakin mahal.

Lukisan Termahal di Dunia

Berikut daftar lukisan termahal di dunia yang dijual, mengutip dari wealthygorilla.com:

1. Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci

Salvator Mundi
Salvator Mundi (wealthygorilla.com)

Lukisan termahal di dunia yang dijual dengan harga fantastis adalah Salvator Mundi. Lukisan karya Leonardo Da Vinci ini dijual sekitar US$ 450,3 juta atau Rp 6,4 triliun (kurs 14.232).

Lukisan ini menggambarkan Yesus Kristus yang sedang memegang bola kristal. Lukisan ini dibuat ketika Raja Louis XII dari Perancis, periode yang sama dengan pembuatan Mona Lisa.

Lukisan ini sempat hilang antara tahun 1763 dan 1900. Sampai akhirnya semua catatan dan penemuan lukisan ditemukan di tahun 2005, oleh pedagang seni Inggris.

Lukisan Salvator Mundi membutuhkan waktu 6 tahun untuk diselidiki keasliannya. Sampai akhirnya lukisan tersebut memang dibuat Leonardo Da Vinci.

2. Interchange karya Willem de Kooning

Interchange
Interchange (wealthygorilla.com)

Lukisan terkenal karya Willem de Kooning tahun 1955 berada di urutan kedua. Willem terinspirasi dari lingkungan kota New York.

Lukisan Interchange terjual dengan harga hampir $300 juta atau senilai dengan Rp 4,2 Triliun tahun 2015.

Interchange merupakan lukisan gaya abstrak-ekspresionis. Lukisan termahal kedua ini dapat dilihat di Art Institute of Chicago, Amerika Serikat.

3. The Card Players – Paul Cézanne

The Card Players
The Card Players (wealthygorilla.com)

Lukisan karya Paul Cézanne terjual dengan harga $250 juta atau senilai dengan Rp 3,5 Triliun. Lukisan ini dibuat tahun 1893 oleh Paul. The Card Players dibeli tahun 2011 oleh keluarga kerajaan Qatar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...