Makanan Termahal di Indonesia dan Dunia, Harganya Sangat Fantastis

Siapa sangka jika ada beberapa makanan termahal di Indonesia. Harga tersebut sesuai dengan kualitas yang dimilikinya.
Image title
7 Februari 2022, 19:07
Makanan Termahal di Indonesia dan Dunia, Harganya Sangat Fantastis
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Pekerja menjemur kopi Luwak di Pawon Luwak Coffee Desa Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jateng, Sabtu (14/11/2020). Kedai kopi Luwak yang berada di sekitar candi Pawon tersebut merupakan salah satu wisata alternatif di kawasan candi Borobudur yang menawarkan wisata kuliner menikmati kopi Luwak asli Indonesia yang dijual Rp250 ribu per 100 gram kopi Robusta dan Rp400 ribu per 100 gram kopi Arabika.

Indonesia memiliki beragam makanan khas dengan rasa yang lezat dan banyak diminati. Di setiap daerah bahkan memiliki khas yang menjadi identitas daerah tersebut. Selain enak, ada juga makanan termahal di Indonesia yang banyak dicari. Mengutip dari economy.okezone.com, berikut daftar makanan Indonesia yang harganya mahal.

Makanan Termahal di Indonesia

1. Ayam Cemani

Kita mungkin sudah tidak asing dengan makanan berbahan dasar ayam. Jenis ayam sangat beragam. Ayam yang sering dikonsumsi biasanya dari jenis ayam ras atau broiler. Padahal ada jenis ayam lain yang juga bisa dikonsumsi yaitu ayam cemani.

Ayam ini cukup jarang dikonsumsi karena harganya yang mahal dan populasinya juga tidak banyak. Ayam ini memiliki warna tubuh hitam pekat dan sudah populer sejak jaman Kerajaan Majapahit. Popularitasnya ini jugalah yang membuat harganya selangit. Untuk satu ekor ayam cemani bisa dijual hingga Rp33 juta.

2. Kopi Luwak

Makanan termahal di Indonesia lainnya yaitu kopi luwak. Kopi ini menjadi komoditi ekspor yang banyak diminati pecinta kopi di dunia. Kopi luwak dihasilkan dari biji kopi robusta dengan kualitas terbaik karena dipiliah secara alami oleh hewan luwak atau musang.

Advertisement

Hewan tersebut nantinya akan mengonsumsi kopi tersebut lalu melakukan fermentasi di dalam sistem pencernaannya. Setelah proses fermentasi selesai, biji kopi dikeluarkan dalam bentuk kotoran. Biji tersebut lalu diolah kembali lewat serangkaian proses hingga akhirnya menghasilkan kopi yang lezat.

Proses yang panjang dan kualitas yang terjaga membuat harga kopi luwak relatif tinggi. Harga kopi luwak diketahui sekitar Rp3,4 – Rp16 juta per kg.

3. Sarang Burung Walet

Makanan termahal lainnya yang juga berasal dari Indonesia yaitu sarang burung walet. Perlu diketahui bahwa burung walet membuat sarang dari air liurnya. Satu ekor burung walet akan menghasilkan sarang yang utuh sekitar 44 hari.

Air liur burung walet ini mengandung asam amino kompleks yang dapat menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan kanker. Selain itu, air liur burung walet juga diketahui mengandung mineral, glikoprotein, dan zat alami lain.

Kandungan tersebut dipercaya bisa menghilangkan panas, meremajakan sel, dan meningkatkan fokus. Umumnya sarang burung walet diolah menjadi sup dengan cita rasa yang lezat. Dengan kelebihan yang dimilikinya, membuat makanan ini cukup mahal. Harga sarang burung walet sekitar Rp40 juta per kilogramnya.

Makanan Termahal Di Dunia

Selain di Indonesia, ada juga beberapa makanan dari luar negeri yang harganya fantastis. Tak tanggung-tanggung, harganya bahkan mencapai ratusan ribu dollar Amerika. Mengutip dari finansilku.com, berikut ini beberapa jenis makanan termahal didunia.

1. Italian White Alba Truffle

Truffle merupakan jamur yang tumbuh liar dan alami. Salah satu jenis truffle alba putih. Harga jamur ini kurang lebih US$160.000 atau setara dengan Rp2.133.399.800 per 1,51 kg.

3. The Frrrozen Haute Chocolate

Makanan termahal di dunia berikutnya yaitu The Frrrozen Haute Chocolate. Es krim ini memiliki kandungan campuran 28 cocoas, termasuk 14 yang paling mahal di dunia. Makanan mewah ini juga memiliki hiasan dan piala emas yang bisa dimakan.

Tidak hanya itu, The Frrrozen Haute Chocolate memiliki hiasan dari gelang emas 18 karat dengan 1 karat berlian bagian dasar sundae. Cara penyajiannya juga sangat mewah dengan menggunakan emas berlapis berlian putih dan coklat.

4. Almas Caviar

Kaviar almas termasuk makanan yang langka. Caviar termasuk jenis makanan yang mahal karena penjualnya sedikit. Satu-satunya toko yang menjual makanan ini yaitu Caviar House & Prunier di Picadilly, London.

Toko tersebut kaviar setiap kilogram dan menempatkannya dalam kaleng dari emas 24 karat. Kaviar tersebut dibandrol dengan harga US$25.000. Untuk kaviar dengan ukuran lebih kecil, dibanderol dengan harga sekitar US$1.250 atau setara Rp16.625.00.

5. Yubari King Melons

Di tahun 2008, ada kurang lebih 100 buah melon dari Yubari berada di pelelangan. Pada saat itu, seorang pemilik toko souvenir dan restoran menawar makanan tersebut US$23.000 untuk bisa memiliki buah melon ini.

6. Meat Pie

Jenis makanan termahal sedunia lainnya yaitu meat pie. Dalam makanan ini terdapat daging sapi fillet wagyu dengan harga US$870, jamur matsutake Cina dengan harga US$4000 per pon, truffle hitam musim dingin, dan jamur bluefoot Perancis dengan harga US$160 per pon.

Makanan ini juga bisanya disajikan bersama saus khusus yang terbuat dari dua botol vintage 1982 chateau mouton rothschild wine dengan harga US$1.740 per botol. Makanan ini juga ditutupi daun emas yang bisa dimakan, sehingga tampilannya semakin mewah.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait