Makanan Termahal di Indonesia dan Dunia, Harganya Sangat Fantastis

Siti Nur Aeni
7 Februari 2022, 19:07
Makanan Termahal di Indonesia dan Dunia, Harganya Sangat Fantastis
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Pekerja menjemur kopi Luwak di Pawon Luwak Coffee Desa Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jateng, Sabtu (14/11/2020). Kedai kopi Luwak yang berada di sekitar candi Pawon tersebut merupakan salah satu wisata alternatif di kawasan candi Borobudur yang menawarkan wisata kuliner menikmati kopi Luwak asli Indonesia yang dijual Rp250 ribu per 100 gram kopi Robusta dan Rp400 ribu per 100 gram kopi Arabika.

Indonesia memiliki beragam makanan khas dengan rasa yang lezat dan banyak diminati. Di setiap daerah bahkan memiliki khas yang menjadi identitas daerah tersebut. Selain enak, ada juga makanan termahal di Indonesia yang banyak dicari. Mengutip dari economy.okezone.com, berikut daftar makanan Indonesia yang harganya mahal.

Makanan Termahal di Indonesia

1. Ayam Cemani

Kita mungkin sudah tidak asing dengan makanan berbahan dasar ayam. Jenis ayam sangat beragam. Ayam yang sering dikonsumsi biasanya dari jenis ayam ras atau broiler. Padahal ada jenis ayam lain yang juga bisa dikonsumsi yaitu ayam cemani.

Ayam ini cukup jarang dikonsumsi karena harganya yang mahal dan populasinya juga tidak banyak. Ayam ini memiliki warna tubuh hitam pekat dan sudah populer sejak jaman Kerajaan Majapahit. Popularitasnya ini jugalah yang membuat harganya selangit. Untuk satu ekor ayam cemani bisa dijual hingga Rp33 juta.

2. Kopi Luwak

Makanan termahal di Indonesia lainnya yaitu kopi luwak. Kopi ini menjadi komoditi ekspor yang banyak diminati pecinta kopi di dunia. Kopi luwak dihasilkan dari biji kopi robusta dengan kualitas terbaik karena dipiliah secara alami oleh hewan luwak atau musang.

Hewan tersebut nantinya akan mengonsumsi kopi tersebut lalu melakukan fermentasi di dalam sistem pencernaannya. Setelah proses fermentasi selesai, biji kopi dikeluarkan dalam bentuk kotoran. Biji tersebut lalu diolah kembali lewat serangkaian proses hingga akhirnya menghasilkan kopi yang lezat.

Proses yang panjang dan kualitas yang terjaga membuat harga kopi luwak relatif tinggi. Harga kopi luwak diketahui sekitar Rp3,4 – Rp16 juta per kg.

3. Sarang Burung Walet

Makanan termahal lainnya yang juga berasal dari Indonesia yaitu sarang burung walet. Perlu diketahui bahwa burung walet membuat sarang dari air liurnya. Satu ekor burung walet akan menghasilkan sarang yang utuh sekitar 44 hari.

Air liur burung walet ini mengandung asam amino kompleks yang dapat menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan kanker. Selain itu, air liur burung walet juga diketahui mengandung mineral, glikoprotein, dan zat alami lain.

Kandungan tersebut dipercaya bisa menghilangkan panas, meremajakan sel, dan meningkatkan fokus. Umumnya sarang burung walet diolah menjadi sup dengan cita rasa yang lezat. Dengan kelebihan yang dimilikinya, membuat makanan ini cukup mahal. Harga sarang burung walet sekitar Rp40 juta per kilogramnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...