Masyarakat Ramai Donasi untuk Corona, Berapa yang Terkumpul?

Dimas Jarot Bayu
2 April 2020, 20:15
pandemi corona, virus corona, covid-19, donasi masyarakat, sumbangan corona
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Ilustrasi. Total donasi yang masuk ke rekening Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Kamis (2/4) mencapai Rp72,2 miliar.

Berbagai lapisan masyarakat mengumpulkan donasi guna membantu penanganan pandemi virus corona. Total donasi yang masuk ke rekening Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Kamis (2/4) bertambah Rp 5,7 miliar dari total hari sebelumnya sebesar Rp 66,5 miliar.

 “Donasi kita patut syukuri bahwa pada hari ini sudah mencapai lebih dari Rp 72,2 miliar,” ujar  Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (4/2).

Yurianto mengapresiasi masyarakat yang telah mendonasikan uangnya untuk penanganan corona di Indonesia. Sejumlah artis bahkan menggelar konser amal virtual melalui media sosial untuk mengumpulkan donasi.

Tak hanya itu, ia pun mengapresiasi langkah masyarakat untuk mengampanyekan upaya bekerja, belajar, dan beribadah di rumah serta menjaga jarak sosial. Serta para relawan tenaga kesehatan di daerah yang ikut menelusuri kontak kasus positif virus corona. 

Dengan bantuan para relawan, pemerintah mampu mengumpulkan lebih dari 7.193 spesimen  hingga saat ini. Penelusuran kasus mempercepat upaya pemerintah mengisolasi orang-orang yang dinyatakan positif corona. “Agar tidak terjadi penularan kepada orang yang lain,” kata Yurianto.

(Baca: Anies Minta Sri Mulyani Cairkan Dana Rp 7,5 T untuk Tangani Corona)

Dalam kesempatan tersebut, Yurianto juga menyampaikan bahwa pemerintah telah mendistribusikan ratusan ribu alat pelindung diri ke seluruh provinsi di Indonesia. Secara perrinci, 85 ribu APD telah didistribusikan ke DKI Jakarta.

Lalu sebanyak 55 ribu APD telah didistribusikan ke Jawa Barat, 20 ribu APD ke Jawa Tengah, 25 ribu APD ke Jawa Timur, 10 ribu APD ke Yogyakarta, dan 12.500 APD ke Bali.

Pemerintah juga telah mendistribusikan 10 ribu APD ke Banten. “Kemudian provinsi yang lain di luar Jawa-Bali ini sudah kita distribusikan sampai dengan rata-rata 5.000 pada 2 kali distribusi,” kata Yurianto.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...