Anies Minta Sri Mulyani Cairkan Dana Rp 7,5 T untuk Tangani Corona

Image title
2 April 2020, 19:45
Anies Baswedan, Sri Mulyani, jakarta, virus corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat nota kesepahaman proyek MRT fase 2A di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Senin (17/2/2020). Anies pada rapat Kamis (2/4), meminta Kemenkeu mencairkan dana Rp 7,5 triliun.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani mencairkan dana senilai Rp 7,5 triliun. Anggaran tersebut diperlukan guna menambah kemampuan finansial DKI dalam menangani virus corona Covid-19.

Hal ini dikatakan Anies dalam rapat penanganan virus corona dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin lewat konferensi video, Kamis (2/4). Dia mengatakan anggaran tersebut terdiri dari piutang dana perimbangan tahun 2019 lalu Rp 5,1 triliun ditambah dana bagi hasil kuartal dua 2020 Rp 2,4 triliun.

“Karena itu akan membantu sekali, ini adalah tagihan tahun lalu Pak,” kata Anies kepada Ma’ruf.

(Baca: Anies Janjikan Bantuan Tunai Rp 1 Juta per Keluarga Miskin Jakarta)

Anies mengatakan dia telah menyampaikan permasalahan ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat rapat terbatas beberapa waktu lalu. Dia juga telah menyurati Sri Mulyani agar dana tersebut bisa dicairkan.

“Kalau ini bisa dicairkan, kami akan memiliki keleluasaan secara cash flow,. Itu yang kami laporkan ke Bapak Presiden” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...