Kronologi Gedung Empat Lantai Ambruk di Palmerah Lukai Belasan Orang

Agustiyanti
6 Januari 2020, 14:37
gedung ambruk di palmerah, gedung empat lantai ambruk, gedung palmerah, kronologi gedung empat lantai ambruk
Antara/Devi Nindy
Gedung empat lantai ambruk di Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (6/1).

Gedung empat lantai di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat ambruk pada Senin (6/1). Akibat kejadian yang berlangsung sekitar pukul 09.15 WIB ini, 11 orang luka-luka.

Salah seorang pegawai minimarket di gedung tersebut, Firman (22 tahun) menjelaskan kronologi kejadian tersebut. 

Ia bercerita, terdengar suara gemuruh sekitar 10 menit sebelum bangunan runtuh. Saat itu, beberapa pegawai tengah memasok barang di gudang yang terletak di lantai dua bangunan.

Atap pun terlihat mulai retak, para pegawai minimarket kemudian meminta pembeli mengevakuasi diri atau keluar dari gedung. Selang 10 detik kemudian bangunan tersebut ambruk.

"Saat itu juga semua pembeli langsung kami minta, enggak berselang lama gedung langsung rubuh," kata Rizal, pegawai minimarket lainnya.

(Baca: Pengungsi Berkurang, Korban Banjir Jabodetabek Mulai Kembali ke Rumah)

Direktur Operasi Basarnas Budi Purnama mengatakan 11 orang korban telah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit. "Total korban 11 terdampak yakni 8 orang dari dalam gedung dan 3 orang dari luar gedung," terang Budi.

Budi menyebut tiga orang dievakuasi secara mandiri oleh warga, sedangkan lima korban yang terjebak di dalam gedung dievakuasi oleh anggota kepolisian. Delapan orang tersebut sebelumnya terjebak di lantai dua gedung yang ambruk.

Sementara itu, tiga korban lainnya merupakan ojek online yang tengah melintas saat gedung tersebut runtuh yang sebagian mengenai badan jalan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...