Harga Emas Dunia Jatuh, Logam Mulia Antam Anjlok Lagi Rp 17 Ribu/Gram

Agustiyanti
4 Juni 2020, 09:00
harga emas antam, harga emas hari ini, harga emas antam hari ini, harga emas anjlok, pemulihan ekonomi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi. Harga penjualan kembali emas Antam turun lebih dalam Rp 25 ribu menjadi Rp 776 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini kembali anjlok Rp 17 ribu menjadi Rp 887 ribu per gram. Ini seiring harga emas dunia yang sempat jatuh lebih dari 2% kemarin seiring harapan pemulihan ekonomi dari virus corona yang lebih cepat.

Harga emas di pasar spot kemarin sempat anjlok ke posisi US$ 1.688,89 per ons, terendah dalam satu bulan terakhir. Namun, harga emas pagi ini sudah kembali menanjak ke posisi US$ 1.700,12.

Advertisement

Sementara itu, harga emas berjangka pagi ini kembali turun 0,04% ke posisi US$ 1,697 per ons, melanjutkan penurunan kemarin yang mencapai 1,75%.

"Ada sentimen risk-on yang kuat sekarang, pasar ekuitas melesat," kata Phil Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Indeks pasar ekuitas global naik dan euro menguat terhadap dolar AS pada Rabu (3/6) karena pelonggaran pembatasan dan harapan untuk lebih banyak stimulus moneter meningkatkan kepercayaan investor.

(Baca: Optimisme Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Dongkrak Bursa Saham Global)

Sentimen juga didukung oleh data yang menunjukkan bahwa penurunan gaji swasta pada Mei tak lebih rendah dari perkiraan. Data ini juga menunjukkan PHK mereda ketika bisnis dibuka kembali.

"Itu menunjukkan bahwa mungkin segalanya akan kembali lebih cepat dari yang diharapkan," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Namun, Habekorn menilai fundamental pendukung untuk emas seperti suku bunga yang lebih rendah dan program pelonggaran kuantitatif tidak berubah sehingga harga emas masih berpotensi naik lebih tinggi.

Emas cenderung mendapat manfaat dari langkah-langkah stimulus luas lantaran sering dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

Sementara di dalam negeri, harga emas Antam anjlok untuk semua jenis produk berdasarkan bobotnya. Harga penjualan kembali emas turun lebih dalam Rp 25 ribu  menjadi Rp 776 ribu per gram. Tren harga emas Antam dapat dilihat dalam databoks di bawah ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement