Optimisme Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Dongkrak Bursa Saham Global

Happy Fajrian
4 Juni 2020, 08:30
bursa saham, indeks saham dunia, bursa global, pandemi corona, covid 19,
ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid/hp/cf
Suasana New York Stock Exchange (NYSE) di New York, Amerika Serikat, Jumat (22/5/2020). Bursa saham global mulai bangkit terdongkrak optimisme pemulihan ekonomi pasca dihantam Covid-19.

Bursa saham global menutup perdagangan Rabu (3/6) dengan kenaikan signifikan, didorong optimisme pasar terhadap pemulihan ekonomi pasca-dihantam pandemi corona.

Mengutip Bloomberg, saham-saham di Wall Street naik signifikan dengan indeks Dow Jones melesat 2,05%, kemudian S&P 500 1,36%, dan Nasdaq 0,78%. Ketiga indeks utama Amerika Serikat (AS) ini telah bangkit dari level terendahnya pada 20 Maret 2020, dengan Dow Jones rebound 41,3%, S&P 39,58%, dan Nasdaq 40,75%.

Advertisement

Sementara itu bursa Eropa kemarin juga naik signifikan, seperti indeks CAC 40 Perancis lompat 3,36%, indeks FTSE 100 Inggris naik 2,61%, indeks IBEX 35 Spanyol terangkat 2,95%, serta indeks DAX 30 Jerman melonjak 3,88%.

Prospek pemulihan ekonomi yang terpukul Covid-19 dengan dibukanya karantina wilayah alias lockdown di berbagai negara menjadi sentimen positif yang mendongkrak indeks saham global. Meskipun masih ada kekhawatiran terkait panasnya hubungan AS dan Tiongkok, serta kerusuhan di penjuru negeri Paman Sam.

(Baca: Bursa Saham Global Menghijau Meski Hubungan AS-Tiongkok Kian Panas)

“Optimisme investor terus tumbuh terhadap prospek pembukaan ekonomi AS setelah sebelumnya Tiongkok dan Italia berhasil membuka kembali ekonominya,” kata kepala investasi Lenox Wealth Advisors David Carter di New York, AS, seperti dikutip Reuters, Kamis (4/6).

Carter mengatakan bahwa optimisme pemulihan ekonomi AS membuat investor kembali tertarik dengan aset-aset berisiko seperti saham, meskipun masih ada alternatif instrumen investasi lainnya.

Sementara itu dari Benua Biru, European Central Bank (ECB), yang diwakilkan oleh Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Emmanuel Macron, telah mengumumkan paket dana pemulihan Eropa (European recovery fund) sebesar 500 miliar euro atau US$ 561,8 miliar pada 23 Mei 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement