Kasus Corona Masih Tinggi, Bioskop di Jakarta Batal Buka pada 29 Juli

Pemprov DKI Jakarta membatalkan pembukaan bioskop yang semula dijadwalkan pada 29 Juli lantaran kasus baru corona di Ibu Kota masih tinggi.
Image title
Oleh Tri Kurnia Yunianto
16 Juli 2020, 19:03
pemprov DKI, bioskop, pembukaan bioskop batal, bioskop batal buka
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Ilustrasi. Bioskop semula dijadwalkan buka kembali secara serentak di seluruh Indonesia pada 29 Juli.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan pembukaan bioskop yang rencananya akan dilakukan pada 29 Juli mendatang. Hal ini dilakukan lantaran angka penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19 masih tinggi.

Jumlah kasus virus corona yang dilaporkan secara nasional bertambah 1.574 pada hari Kamis (16/7). Dengan kenaikan ini maka angka positif Covid-19 RI secara kumulatif mencapai 81.668 orang, terlihat dalam databoks di bawah ini. 

Provinsi DKI Jakarta menyumbang tambahan kasus terbanyak yakni 312 kasus. Disusul Jawa Tengah yang melaporkan tambahan 214 kasus dan Jawa Timur sebanyak 179 kasus baru. 

"Ditunda lagi karena angka Covid-19 di Jakarta meningkat jadi kami tunda lagi sampai sampai kondisinya kondusif," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia kepada Katadata.co.id, Kamis (16/7).\\

(Baca: Bioskop Buka Serentak Mulai 29 Juli, Pengelola Pastikan Taat Protokol)

Katadata.co.id mencoba mengkonfirmasi kebijakan ini kepada Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia Djonny Syafruddin melalui sambungan telepon. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada jawaban dari yang bersangkutan. 

Sebelumnya, GPBSI mengumumkan bioskop di seluruh Tanah Air akan dibuka secara serentak pada tanggal 29 Juli. Asosiasi pun menjamin operasional bioskop akan menerapkan seluruh portokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Adapun jaringan bioskop yang akan beroperasi kembali yakni XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex. Protokol kesehatan kini tengah dipersiapkan untuk dapat diimplementasikan dalam tiga minggu.

(Baca: Netflix hingga Gojek Tekan Kerugian Industri Film Akibat Pandemi)

Salah satu yang dipersiapkan adalah materi komunikasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan normal baru di Bioskop. Selain itu, proses edukasi dan pelatihan internal kepada seluruh karyawan yang akan bertugas. 

Upaya tersebut dilakukan agar tempat umum yang biasanya dipadati pengunjung saat akhir pekan ini tidak menjadi tempat penularan virus. "Para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan bersepakat untuk dapat kembali melakukan kegiatan operasional bioskop terhitung mulai Rabu, 29 Juli 2020 secara serentak di seluruh Indonesia," kata Djonny melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Rabu (8/7).

 

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait