Susul Singapura, Ekonomi Korsel Juga Masuk ke Jurang Resesi

Agustiyanti
23 Juli 2020, 14:10
korea selatan, resesi ekonomi, korsel resesi, pandemi corona
ANTARA FOTO/REUTERS/ Kim Min-Hee/Pool /AWW/dj
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Korsel mencatatkan kontraksi ekonomi sebesar 3,3% pada kuartal II 2020 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Korea Selatan menyusul Singapura terjatuh ke dalam jurang resesi ekonomi. Produk Domestik Bruto Negeri Gingseng terkontraksi 3,3% pada kuartal kedua jika dibandingkan dengan kuartal I 2020 atau 2,9% dibanding periode sama tahun lalu. 

Dikutip dari Kantor Berita Yonhap, kontraksi ekonomi pada kuartal II secara kuartalan ini merupakan yang terdalam sejak krisis keuangan Asia 1998. Ekonomi Korsel pada kuartal pertama 1998 terkontraksi hingga 6,8%.

Advertisement

Pada kuartal pertama tahun ini, ekonomi Korsel turun 1,3% dibanding kuartal terakhir tahun lalu, tetapi tumbuh 1,4% dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Bank of Korea sebelumnya memperkirakan ekonomi Korsel turun 2% pada kuartal kedua dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara ekonomi sepanjang tahun ini diperkirakan terkontraksi 0,2%. 

 Namun, Gubernur BOK Lee Ju-yeol pekan lalu mengatakan ekonomi Korea Selatan kemungkinan akan mengalami pukulan yang lebih berat dari perkiraan sebelumnya tahun ini karena pandemi Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement