Korut Laporkan Dugaan Kasus Pertama Covid-19, Isolasi Satu Kota

Agustiyanti
26 Juli 2020, 08:18
korea utara, kasus pertama covid-19 korut, korea selatan, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengisolasi kota Kaseong yang berdekatan dengan Korea Selatan terkait dugaan kuat kasus pertama Covid-19.

Korea Utara mengumumkan keadaan darurat pada Minggu (26/7) setelah menemukan  dugaan kuat kasus pertama virus corona. Negera yang dipimpin Kim Joung Un ini mengisolasi satu kota yang berdekatan dengan Korea Selatan.

Dikutip dari Kantor Berita KCNA, dugaan kasus pertama virus corona ini merupakan warga Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan tiga tahun lalu, tetapi diam-diam kembali melewati garis demarkasi dan menyebrang ke kota Kaseong.

Korea Utara menyebut orang tersebut kini dikarantina secara ketat sebagai langkah utama dan semua orang di kota Kaseong yang melakukan kontak dengan orang tersebut telah dilacak dan diberikan pemeriksaan medis secara menyeluruh.

KCNA dalam laporannya mengatakan hasil tes terhadap orang tersebut masih belum pasti, meski Kim Jong Un telah mengadakan rapat darurat pada 25 Juli dan mengatakan telah menutup Kota Kaseong sejak 24 Juli.

 Kim Jong Un dalam rapat kemarin juga menaikkan status Korea Utara menjadi sangat darurat.

Korea Utara menjadi satu-satunya negara yang telah berulang kali mengatakan tak memiliki kasus Covid-19. Klaim negara komunis ini banyak dipertanyakan oleh para ahli di luar negara tersebut.

Kendati mengklaim nol kasus, Korea Utara beberapa waktu lalu mengatakan tengah mengembangkan vaksin. Dikutip dari CNN, pengembangan vaksin kini tengah dilanjutkan dengan fase ketiga yang melibatkan pengujian pada manusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...